Rugi Akibat Pembatasan, KCI Usulkan Penyesuaian Tarif Commuter Line

[14/6] Pembatasan jam operasional Commuter Line yang dilakukan semasa PSBB beberapa waktu lalu membuat KCI mengalami kerugian yang cukup besar. Seperti dilansir dari Kumparan, Direktur Utama KCI Wiwik Widayanti mengatakan terjadi penurunan jumlah penumpang harian Commuter Line hingga 5 kali lipat dibandingkan sebelum pembatasan.

Wiwiek mengatakan jika biasanya Commuter Line bisa mengangkut hingga 1 juta penumpang sehari, selama pembatasan jumlah penumpang turun drastis hingga hanya 200.000 penumpang per harinya yang berdampak pada penurunan pendapatan dari tiket dan PSO.

Itulah sebabnya KCI mengusulkan adanya penyesuaian tarif Commuter Line untuk menambal kerugian selama pembatasan operasional supaya operasional Commuter Line tetap bisa berjalan dengan baik.

Meski demikian, Wiwiek tidak menjelaskan secara detail berapa besar kerugian yang dialami KCI selama pembatasan operasional. Wiwiek mengatakan saat ini pihaknya tengah berusaha melakukan efisiensi untuk bisa menekan biaya operasional Commuter Line serta mencegah kerugian semakin membengkak.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan pihaknya saat ini tengah membahas kebijakan terkait penyesuaian tarif Commuter Line.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×