Great Western Railway Terima Kereta Rel Diesel-Elektrik Trimode

Rangkaian Class 769 Flex diesel-elektrik trimode yang diterima oleh Great Western Railway | Foto: Railway Gazette

[2/9] Perusahaan kereta api Inggris, Great Western Railway, mendapatkan kiriman rangkaian pertama kereta rel diesel-elektrik (KRDE) trimode Class 769 Flex. Seperti dikutip dari Railway Gazette, rangkaian KRDE trimode ini sebenarnya bukanlah rangkaian baru.

Rangkaian ini merupakan hasil konversi dari rangkaian KRL Class 319 yang sebelumnya dioperasikan oleh Thameslink yang beroperasi di wilayah London. Awalnya rangkaian ini hanya menggunakan dua sumber listrik yakni listrik aliran atas (LAA) dan listrik aliran bawah (LAB).

Rangkaian ini dapat beroperasi menggunakan tiga sumber tenaga listrik yakni LAB dengan tegangan 750 V serta LAA dengan tegangan 25 kV 50 Hz dan mesin diesel .

Mesin diesel yang digunakan oleh rangkaian ini adalah dua unit MAN D2876 yang memenuhi standar emisi Uni Eropa Stage IIIB . Satu set rangkaian Class 769 terdiri atas 4 kereta. Rangkaiannya sendiri dimiliki oleh perusahaan penyewaan Porterbook. Tak hanya menambahkan mesin diesel, sejumlah modifikasi dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang seperti pemasangan AC, stop kontak, WiFi, rak bagasi yang lebih besar, serta kursi baru.

Sebanyak 19 set atau 76 unit KRDE trimode Class 769 akan didatangkan. Rencananya rangkaian ini akan beroperasi di jalur separuh terelektrifikasi antara Reading dan Bandara Gatwick pada 2021 mendatang. Selain itu rangkaian juga akan beroperasi di lintas cabang antara Henley dan Marlow serta lintas antara Reading dan Basingstoke yang tidak terelektrifikasi.

KRDE trimode Class 769 nantinya akan menggantikan beberapa rangkaian KRD Turbo yang saat ini dioperasikan oleh GWR. KRD Turbo ini akan dipindahkan ke jalur lain untuk meningkatkan kapasitas angkut di kawasan Bristol.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: