JPO Bank Indonesia akan Dibongkar untuk Konstruksi Stasiun Thamrin

JPO Bank Indonesia yang akan dibongkar untuk konstruksi Stasiun Thamrin | Foto: MRT Jakarta

[2/9] Sehubungan dengan tahapan persiapan konstruksi MRT Jakarta fase 2, maka jembatan penyeberangan orang (JPO) Bank Indonesia akan dibongkar untuk konstruksi Stasiun Thamrin. Proses pembongkaran ini direncanakan akan dilakukan dari 4 September hingga 20 September mendatang.

Dilansir dari rilis resmi MRT Jakarta, proses pembongkaran ini telah disusun dengan metode yang menurut MRT dan kontraktor pelaksana (Shimidzu-Adhi Karya) efektif dan aman. Akan ada lima tahap manajemen rekayasa lalu lintas yang dilakukan pada jalan MH Thamrin dari Simpang Kebon Sirih sampai Simpang Jalan Merdeka. Kelima tahap pembongkaran ini adalah sebagai berikut:

Tahap pertama

Berlangsung selama lima hari (4—9 September 2020) dengan pekerjaan pembongkaran tangga (ramp) sisi barat. Pekerjaan ini akan menutup tiga lajur kendaraan sehingga menyisakan dua lajur kendaraan dan satu lajur transjakarta sisi barat. Selama periode ini, lalu lintas akan dialihkan mulai pukul 23.00 sampai dengan 04.00 WIB.

Tahap kedua

Berlangsung selama empat hari (10—14 September 2020) dengan pekerjaan pembongkaran tangga media tengah (center median ramp). Pekerjaan ini akan menutup dua lajur kendaraan dan satu lajur transjakarta sehingga menyisakan tiga lajur kendaraan pada sisi barat. Selama periode ini, lalu lintas akan dialihkan mulai pukul 23.00 sampai dengan 04.00 WIB.

Tahap ketiga

Berlangsung selama tujuh hari (10—17 September 2020) dengan pekerjaan pembongkaran tangga (ramp) sisi timur. Pekerjaan ini akan menutup tiga lajur kendaraan pribadi sehingga menyisakan dua lajur kendaraan pribadi dan satu lajur transjakarta sisi timur.

Tahap keempat

Berlangsung pada tanggal 18 September 2020 dengan pekerjaan pengangkatan gelagar (girder) dan kolom sisi barat. Pekerjaan ini akan menutup semua lajur lalu lintas (carriage way) sisi barat Jalan M.H. Thamrin, termasuk lajur Transjakarta, pada pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB.

Tahap kelima

Berlangsung pada 19 September 2020 dengan pekerjaan pengangkatan gelagar (girder) sisi timur dan kolom median tengah dan timur. Pekerjaan ini akan menutup semua lajur lalu lintas (carriage way) sisi timur Jalan M.H. Thamrin, termasuk lajur
transjakarta, pada pukul 23.00 WIB sampai dengan 
pukul 04.00 WIB.

Oleh karena ini juga, JPO Bank Indonesia akan ditutup mulai tanggal 4 September besok. Pengguna TransJakarta akan dapat mengakses halte melalui zebra cross di simpang Jalan MH Thamrin dan Kebon Sirih. Masyarakat dihimbau untuk mengikuti arahan petugas dan rambu lalu lintas terkait jalur alternatif saat melewati lokasi pekerjaan.

Proyek MRT Jakarta fase 2 telah mulai dibangun pada akhir Juli lalu. Nantinya MRT Jakarta fase 2 akan melanjutkan rute dari Bundaran HI hingga Ancol. Akan ada sembilan stasiun yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Grogol, Kota, Mangga Dua, dan Ancol dan satu depo di Ancol Barat. (RED/IHF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×