Berita KAIndonesia

Barata Indonesia Ekspor Bogie KA ke Afrika

Bogie buatan Barata Indonesia saat akan dipasang pada lokomotif CC 206
Bogie buatan Barata Indonesia saat akan dipasang pada lokomotif CC 206 di Balai Yasa Pengok | Foto: Antara

[24/12]. BUMN manufaktur Barata Indonesia melakukan ekspor perdana komponen kereta api ke Afrika. Seperti dikutip dari Suara Merdeka edisi 21 Desember 2020, komponen yang diekspor adalah bogie yang dikirim ke Mauritania.

Pengiriman perdana bogie ini dilakukan pada 17 Desember lalu. Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno mengatakan ini merupakan kali pertama bagi Barata Indonesia untuk mengekspor bogie ke Afrika. Sebelumnya, Barata Indonesia sudah pernah mengekspor bogie ke Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Bogie yang dibuat oleh Barata ini nantinya akan dipasang pada gerbong barang yang ada di sana. KA barang yang menggunakan bogie Barata ini merupakan salah satu KA terpanjang di dunia dan melewati iklim ekstrim di Gurun Sahara.

Fajar menilai dengan diekspornya bogie ke Mauritania bisa menjadi langkah yang tepat bagi Barata Indonesia untuk mencapai target ekspor. Ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendongkrak kinerja di tengah pandemi COVID-19 serta memperluas produk pengecoran ke luar negeri.

Guna menjaga keberlangsungan bisnis, Barata Indonesia telah memperbaharui sertifikat Association of American Railroads (AAR). Fajar mengatakan sertifikat AAR ini merupakan salah satu syarat untuk melakukan ekspor bogie.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×