Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

Akhirnya Tiba di Solo! KRL Daop 6 Yogyakarta Diujicobakan Hingga Purwosari

KRL SLO9 menuju Purwosari
KRL seri 205 rangkaian SLO9 saat melintas di bilangan Solo Square menuju Stasiun Purwosari | Foto: rasya_pws

[24/12] KRL Daop 6 Yogyakarta akhirnya berjalan dengan tenaga sendiri sampai Kota Solo. KRL KfW akhirnya menyentuh Stasiun Purwosari pada Minggu (20/12) sore, dan KRL seri 205 menyentuh Stasiun Purwosari pada Kamis (24/12) siang.

Rangkaian SLO9 di Purwosari
KRL seri 205 rangkaian SLO9 di Purwosari | Foto: Istimewa

Dalam uji coba terpisah ini, kedua jenis KRL berjalan dengan kecepatan hanya 60 km/jam antara Gawok-Purwosari. Kecepatan yang lebih rendah ini lumrah karena ruas ini merupakan ruas yang belum pernah diujicobakan sebelumnya. Sementara itu, KRL sudah dapat melalui ruas Gawok-Yogyakarta dengan kecepatan 90 km/jam.

Uji coba KRL seri 205 ke Stasiun Purwosari | Video: Yoniar_Ape

Uji coba hari Minggu (20/12) menggunakan KRL KfW TS9 (TSC-02) dengan rute Klaten-Purwosari PP. Sedangkan uji coba hari Kamis (24/12) menggunakan KRL seri 205 rangkaian SLO9 dengan rute Srowot-Yogyakarta-Purwosari-Yogyakarta-Srowot. Di Stasiun Purwosari, KRL sementara hanya dapat menggunakan jalur 2 dan 3 yang sudah dipasangkan kawat listrik aliran atas (LAA) dan dialiri listrik.

KRL KfW Purwosari
Rangkaian KRL KfW TS9 saat memasuki Stasiun Purwosari, 20 Desember lalu | Foto: Angin Elandajagat

Dengan tibanya KRL KfW dan KRL seri 205 di Purwosari, praktis hanya tinggal satu ruas lagi yang belum tersentuh KRL yang berjalan dengan tenaga sendiri, yaitu Purwosari-Solo Balapan. Saat ini penyelesaian pekerjaan elektrifikasi di Stasiun Solo Balapan masih berlangsung. Jalur 4 dan 5 Stasiun Solo Balapan (yang akan menjadi jalur 3 dan 4) sudah dipasangi rigid overhead conductor, sementara jalur 1 dan 2 masih belum terelektrifikasi. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×