Akhirnya Tiba di Solo! KRL Daop 6 Yogyakarta Diujicobakan Hingga Purwosari

KRL SLO9 menuju Purwosari
KRL seri 205 rangkaian SLO9 saat melintas di bilangan Solo Square menuju Stasiun Purwosari | Foto: rasya_pws

[24/12] KRL Daop 6 Yogyakarta akhirnya berjalan dengan tenaga sendiri sampai Kota Solo. KRL KfW akhirnya menyentuh Stasiun Purwosari pada Minggu (20/12) sore, dan KRL seri 205 menyentuh Stasiun Purwosari pada Kamis (24/12) siang.

Rangkaian SLO9 di Purwosari
KRL seri 205 rangkaian SLO9 di Purwosari | Foto: Istimewa

Dalam uji coba terpisah ini, kedua jenis KRL berjalan dengan kecepatan hanya 60 km/jam antara Gawok-Purwosari. Kecepatan yang lebih rendah ini lumrah karena ruas ini merupakan ruas yang belum pernah diujicobakan sebelumnya. Sementara itu, KRL sudah dapat melalui ruas Gawok-Yogyakarta dengan kecepatan 90 km/jam.

Uji coba KRL seri 205 ke Stasiun Purwosari | Video: Yoniar_Ape

Uji coba hari Minggu (20/12) menggunakan KRL KfW TS9 (TSC-02) dengan rute Klaten-Purwosari PP. Sedangkan uji coba hari Kamis (24/12) menggunakan KRL seri 205 rangkaian SLO9 dengan rute Srowot-Yogyakarta-Purwosari-Yogyakarta-Srowot. Di Stasiun Purwosari, KRL sementara hanya dapat menggunakan jalur 2 dan 3 yang sudah dipasangkan kawat listrik aliran atas (LAA) dan dialiri listrik.

KRL KfW Purwosari
Rangkaian KRL KfW TS9 saat memasuki Stasiun Purwosari, 20 Desember lalu | Foto: Angin Elandajagat

Dengan tibanya KRL KfW dan KRL seri 205 di Purwosari, praktis hanya tinggal satu ruas lagi yang belum tersentuh KRL yang berjalan dengan tenaga sendiri, yaitu Purwosari-Solo Balapan. Saat ini penyelesaian pekerjaan elektrifikasi di Stasiun Solo Balapan masih berlangsung. Jalur 4 dan 5 Stasiun Solo Balapan (yang akan menjadi jalur 3 dan 4) sudah dipasangi rigid overhead conductor, sementara jalur 1 dan 2 masih belum terelektrifikasi. (RED/MPF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×