Akhirnya Tiba di Solo! KRL Daop 6 Yogyakarta Diujicobakan Hingga Purwosari
![KRL SLO9 menuju Purwosari](http://redigest.web.id/wp-content/uploads/2020/12/132458787_948783472527911_8557596188483913655_n.jpg)
[24/12] KRL Daop 6 Yogyakarta akhirnya berjalan dengan tenaga sendiri sampai Kota Solo. KRL KfW akhirnya menyentuh Stasiun Purwosari pada Minggu (20/12) sore, dan KRL seri 205 menyentuh Stasiun Purwosari pada Kamis (24/12) siang.
![Rangkaian SLO9 di Purwosari](http://redigest.web.id/wp-content/uploads/2020/12/WhatsApp-Image-2020-12-24-at-15.02.29.jpeg)
Dalam uji coba terpisah ini, kedua jenis KRL berjalan dengan kecepatan hanya 60 km/jam antara Gawok-Purwosari. Kecepatan yang lebih rendah ini lumrah karena ruas ini merupakan ruas yang belum pernah diujicobakan sebelumnya. Sementara itu, KRL sudah dapat melalui ruas Gawok-Yogyakarta dengan kecepatan 90 km/jam.
Uji coba KRL seri 205 ke Stasiun Purwosari | Video: Yoniar_Ape
Uji coba hari Minggu (20/12) menggunakan KRL KfW TS9 (TSC-02) dengan rute Klaten-Purwosari PP. Sedangkan uji coba hari Kamis (24/12) menggunakan KRL seri 205 rangkaian SLO9 dengan rute Srowot-Yogyakarta-Purwosari-Yogyakarta-Srowot. Di Stasiun Purwosari, KRL sementara hanya dapat menggunakan jalur 2 dan 3 yang sudah dipasangkan kawat listrik aliran atas (LAA) dan dialiri listrik.
![KRL KfW Purwosari](http://redigest.web.id/wp-content/uploads/2020/12/131999284_1111968719231971_3574096742083433340_o.jpg)
Dengan tibanya KRL KfW dan KRL seri 205 di Purwosari, praktis hanya tinggal satu ruas lagi yang belum tersentuh KRL yang berjalan dengan tenaga sendiri, yaitu Purwosari-Solo Balapan. Saat ini penyelesaian pekerjaan elektrifikasi di Stasiun Solo Balapan masih berlangsung. Jalur 4 dan 5 Stasiun Solo Balapan (yang akan menjadi jalur 3 dan 4) sudah dipasangi rigid overhead conductor, sementara jalur 1 dan 2 masih belum terelektrifikasi. (RED/MPF)