InternasionalKereta ApiUjicoba

BNSF dan Wabtec Ujicobakan Lokomotif Baterai-Elektrik di California

lokomotif baterai-elektrik wabtec (warna merah-abu-abu)
Lokomotif baterai-elektrik Wabtec (warna merah-abu-abu) di antara lokomotif diesel BNSF | Foto: Railway Gazette

[8/1] BNSF dan Wabtec mulai uji coba lokomotif baterai-elektrik dalam layanan komersil. Proses uji coba ini berlangsung di rute sepanjang 585 km antara Barston dan Stockton di California, Amerika Serikat.

Dilansir dari Railway Gazette, proses uji coba ini bertujuan mengetahui potensi teknologi sistem manajemen energi dan optimasi kontrol pada baterai lokomotif ini. Menurut Vice President Wabtec Alan Hamilton, lokomotif FLX Drive adalah lokomotif baterai-elektrik pertama untuk muatan berat dengan optimasi energi pada rangkaian. Ia menyebutkan teknologi ini serupa dengan kendaraan elektrik, dan berharap lokomotif ini menjadi langkah pertama untuk transportasi yang lebih bersih.

Lokomotif baterai-elektrik ini beroperasi di antara dua lokomotif diesel Wabtec dengan emisi Tier 4 EPA, yang semuanya akan mentenagai rangkaian ini di lintas utama. Diperkirakan pola operasi ini dapat mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 10%.

Rute yang akan ditempuh melibatkan kondisi operasi yang bervariasi mulai dari segmen mendatar di Lembah San Joaquin, hingga rute pegunungan di Pegunungan Tehachapi. Juga terdapat stasiun pengisian listrik di Barstow yang merupakan tempat perawatan lokomotif, dan kedua ujung area pengujian. Pengujian ini sendiri rencananya akan berlangsung dari Januari hingga Maret ini, dan jika berhasil BNSF akan mencari lokasi dan skenario uji coba lainnya. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×