Armada Zhongtong DAMRI untuk TransJakarta Telah Pensiun

armada zhong tong damri
Armada Zhongtong DAMRI di Rute 9A pada tahun 2020 | Foto: Fotografi Bus Ibukota

[10/1] Kabar yang mengejutkan tiba dari dunia TransJakarta. Setelah 8 tahun ikut mewarnai armada TransJakarta, armada Zhongtong milik Perum DAMRI ini akhirnya mengakhiri masa baktinya juga.

Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi dapat dari media sosial, bus Zhong Tong milik Perum DAMRI ini terakhir beroperasi pada Jumat (8/1) kemarin. Sejumlah komunitas pemerhati bus seperti Busway Fans Club, Jepret Busway, dan Pecinta DAMRI Community  pun menyampaikan pesan terima kasih mereka pada armada satu ini.

Armada Zhongtong DAMRI ini sebelumnya mulai beroperasi pada Januari 2013 lalu sebagai armada dari SBU (Strategic Business Unit) Koridor 1&8, dengan tipe LCK6180GC. Menurut Tempo, pembelian 66 unit bus ini melalui pendanaan kredit dari Bank Rakyat Indonesia dengan nilai Rp 221,1 miliar. Armada Zhongtong DAMRI ini pada awalnya beroperasi di Koridor 1&8 karena DAMRI kala itu memenangkan tender pelayanan di kedua koridor tersebut.

Namun dalam perkembangannya, armada Zhongtong ini kemudian beroperasi di beberapa koridor. Beberapa koridor dan rute yang pernah dijalani armada ini selain Koridor 1&8 adalah Koridor 2, Koridor 3, Koridor 5, Rute 5C, Rute 5D, Koridor 9, Rute 9A, dan Koridor 10.

Dengan perginya Zhongtong DAMRI, tinggal Zhongtong setipe milik PPD yang saat ini masih aktif berdinas. Sedangkan Zhongtong milik PT TransJakarta telah lama tidak tampak di koridor semasa pandemi ini. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×