KAI Daop 7 Madiun Kembali Jalankan Tiga Kereta Api Tujuan Jakarta Setiap Hari

KA Bangunkarta Daop 7
Ilustrasi: KA Bangunkarta melintas bilangan Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

[9/6] – PT Kereta Api Indonesia (KAI, persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun kembali menjalankan tiga kereta api (KA) penumpang tujuan Jakarta setiap hari selama bulan Juni mulai Sabtu (5/6) lalu. Ketiga KA penumpang tersebut adalah KA Bangunkarta (Jombang-Pasar Senen via Purwokerto PP), KA Singasari (Blitar-Pasar Senen via Purwokerto PP), dan KA Brantas (Blitar-Pasar Senen via Semarang PP).

“Tiga bulan terakhir, tren penumpang kereta api kembali meningkat. Untuk memenuhi animo masyarakat tersebut, mulai Sabtu (5/6) kemarin, KA Bangunkarta, KA Singasari dan KA Brantas berjalan setiap hari selama bulan Juni ini,” ungkap Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, seperti dikutip dari WargaJombang.com.

Peningkatan jumlah pengguna ini disebabkan karena syarat perjalanan dengan kereta api di masa pandemi yang dipermudah lewat adanya layanan tes GeNose C19 di stasiun di wilayah Daop 7 Madiun. Stasiun-stasiun yang melayani tes GeNose C19 di wilayah Daop 7 Madiun di antaranya Madiun, Nganjuk, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

Sebelumnya ketiga KA tersebut hanya beroperasi saat libur akhir pekan atau saat peak season. Peningkatan animo masyarakat pada tiga bulan terakhir bisa dilihat dari jumlah pengguna yang meningkat di wilayah Daop 7 Madiun. Pada bulan Maret, jumlah ini sebanyak 124.952 orang, meningkat pada bulan April yaitu sebanyak 139.770 orang, dan bulan Mei meningkat lagi menjadi 153.216 orang.

“Sementara operasional setiap hari ketiga KA tersebut baru selama Bulan Juni. Bila minat masyarakat tetap tinggi, tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan seterusnya,” kata Ixfan lebih lanjut seperti juga dikutip dari WargaJombang.com.

Selain ketiga KA tujuan Jakarta tersebut, Daop 7 Madiun juga mengoperasikan satu KA penumpang tujuan Bandung yang berjalan setiap hari, yaitu KA Kahuripan (Blitar-Kiaracondong PP).

Syarat untuk naik KA tetap berlaku seperti biasa, yaitu menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 yang ditunjukan dengan hasil negatif tes GeNose C-19 yang berlaku 1×24 jam atau tes cepat antigen yang berlaku 3×24 jam dari pengambilan sampel. Selain itu pengguna juga wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat, serta dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas) selama perjalanan.

Tiket KA Bangunkarta, Singasari, dan Brantas dapat dipesan calon penumpang melalui aplikasi KAI Access maupun kanal pemesanan tiket lainnya. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×