Berita KAInternasionalKereta Api

Deutsche Bahn Rayakan 30 Tahun Layanan ICE

Deutsche Bahn ICE
Rangkaian ICE 4 XXL “Bundesrepublik Deutschland” | Foto: Deutsche Bahn

[10/6] Deutsche Bahn (DB) merayakan 30 tahun beroperasinya layanan Intercity Express (ICE). Layanan KA Cepat milik operator Jerman ini telah beroperasi sejak 2 Juni 1991 dan saat ini menjangkau beberapa negara Eropa lain.

Dilansir dari situs resmi DB, upacara ini diwarnai oleh peresmian rangkaian ICE terbaru mereka. Rangkaian ICE terbaru ini disebut ICE XXL dengan panjang 13 kereta dan menurut DB adalah rangkaian terpanjang ICE mereka. Tidak hanya itu saja, rangkaian ICE XXL ini juga diberi nama “Bundesrepublik Deutschland” (Republik Federal Jerman) oleh Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Istimewanya, tidak seperti rangkaian ICE yang lain, rangkaian ini memiliki striping dengan motif triwarna bendera Jerman. Sesuai dengan jiwanya sebagai rangkaian terpanjang ICE, peresmian ini menggunakan air dari sungai-sungai terpanjang Jerman, yaitu Rhine, Danube, dan Elbe.

Presiden JermanFrank-Walter Steinmeier mengatakan peresmian hari ini tidak kurang adalah peresmian sebuah landmark di Jerman. Selain itu ia mengatakan ICE selama 30 tahun telah menjadi salah satu jawaban perdebatan pengurangan emisi CO2 dari transportasi.

Sementara itu CEO DB Dr. Richard Lutz mengatakan ICE adalah simbol Jerman yang sejati dengan menawarkan kecepatan, kenyamanan, dan perlindungan lingkungan. Menurutnya selama 30 tahun ini ICE telah menjadi kebanggaan DB dan telah mentransformasi perkeretaapian. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×