CRRC Perkenalkan Armada Kereta Double Decker Westbahn

Armada CRRC Westbahn
Armada KRL double decker buatan CRRC untuk Westbahn | Foto: Railway Gazette

[8/7] CRRC telah menambah panjang portofolio mereka di pasar Eropa. Pasalnya CRRC Zhuzhou telah mengeluarkan armada KRL double decker pertama untuk operator Austria Westbahn.

Dilansir dari Railway Gazette, secara keseluruhan terdapat empat rangkaian pesanan Westbahn dalam kontrak yang telah diteken sejak 2019. Rangkaian KRL dengan kode proyek Project DDEMU2 ini akan dilengkapi sistem kelistrikan 15 kV AC dan 25 kV AC dengan panjang stamformasi 6 kereta. Setiap rangkaian terdiri atas dua kereta motor dan empat kereta pengikut.

KRL yang ditampilkan dalam upacara pada 31 Mei ini menurut CRRC didesain tidak hanya untuk beroperasi di Austria saja, tetapi di 5 negara Eropa lainnya. Upacara ini dihadiri secara jarak jauh oleh Presiden CRRC Sun Yongcai, CEO Westbahn Erich Forster, dan duta besar Tiongkok Li Xiaosi.

CRRC mengklaim KRL dengan konstruksi campuran aluminium dan komposit ini hanya lebih berat 10% dibanding KRL single decker. Kapasitas rangkaian KRL ini dapat mencapai 571 orang per rangkaian 6 kereta, dan dua rangkaian dapat bekerja secara multiple unit.

Sebelumnya Westbahn telah memesan KRL Stadler Kiss 3 untuk mengganti armada KRL Stadler Kiss 1 dan 2 yang telah dijual ke DB Fernverkehr. Keputusan Westbahn menyewa armada dari Tiongkok ini memungkinkan mereka untuk berekspansi dari rute inti mereka di Wien-Salzburg. Sertifikasi armada buatan Tiongkok ini direncanakan akan rampung pada 2023 mendatang.

CRRC Zhuzhou sebelumnya telah membuat tiga rangkaian KRL 5 kereta Sirus untuk operator Ceko Leo Express. KRL Sirus ini akan beroperasi dengan tegangan 25 kV AC dan 3 kV DC untuk menghubungkan Ceko, Slovakia, dan Polandia. Armada ini telah diujicobakan sejak 2019, namun proses sertifikasinya diperkirakan baru akan rampung 2022 mendatang akibat pandemi COVID-19. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×