Malaysia Perkenalkan Calon Lokomotif Ekspor H10 Buatan SMH Rail

Lokomotif H10
Lokomotif H10 buatan SMH Rail Malaysia | Foto: Berita Harian

REDigest.web.id, 22/8 – Sang Negeri Jiran, Malaysia kini siap untuk bergabung menjadi pemain ekspor di pasar lokomotif. Pasalnya, lokomotif produksi lokal pertama mereka, H10 disebut-sebut telah siap untuk ekspor.

Berdasarkan keterangan SMH Rail kepada New Straits Times, lokomotif H10 ini dibuat dengan teknologi canggih untuk mengurangi emisi. Penerapan teknologi ini disebut sesuai dengan slogan “Towards Green Mobility”. Ketua dan direktur manajer SMH Rail Datuk PK Nara mengatakan lokomotif ini juga telah siap untuk ekspor ke Tanzania.

Menurutnya perusahaan KA Tanzania, Tanzanai Railways Corporation telah menempatkan pesanan atas dukungan pendanaan Bank Dunia. Nara juga meyakini lokomotif ini dapat membawa sejumlah manfaat terhadap industri KA kargo di Afrika.

Selain itu, disebutkan konten lokal lokomotif ini mencapai 60%. Lokomotif ini pun dinilai sebagai sebuah batu loncatan SMH Rail di kancah industri perkeretaapian global. Lokomotif ini juga tercatat dalam buku rekor Malaysia sebagai Lokomotif Pertama Buatan Malaysia untuk pasar ekspor.

Sementara itu, dilansir dari Berita Harian, lokomotif ini dilengkapi sejumlah fitur. Di antaranya adalah kemampuan untuk beroperasi di tengah cuaca ekstrem, perangkat pemantauan dan diagnostik masalah jarak jauh, serta analisis data operasi untuk maksimalisasi performa dan keandalan. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×