Jalur Layang Baru Stasiun Manggarai Telah Diujicobakan

Uji coba jalur baru Manggarai
KRL rangkaian BOO121 sedang melakukan uji coba jalur lantai 3 Stasiun Manggarai | Foto: Tangkapan layar dari video Decky Kembuan

REDigest.web.id, 21/8 – Setelah menempuh proses pembangunan, akhirnya jalur lantai 3 Stasiun Manggarai mulai diujicobakan juga.

Berdasarkan video dari Youtuber Decky Kembuan, uji coba ini dilakukan pada Jumat (20/8) dini hari. Dalam uji coba tersebut, digunakan dua buah lokomotif CC201 dan satu buah rangkaian KRL seri 205. Rangkaian uji coba bermula pukul 01.04, ketika lokomotif CC2018301 dan CC2017806 dari arah Tebet bergerak menuju jalur baru Stasiun Manggarai.

Lokomotif uji coba Manggarai
Lokomotif CC2018301 dan CC2017806 bersiap menaiki jalur baru Stasiun Manggarai | Foto: tangkapan layar dari video Decky Kembuan

Selanjutnya, menjelang pukul 2 dini hari tampak rangkaian KRL seri 205 yakni BOO121 dengan branding spesial kemerdekaan juga sudah memulai uji coba. Pukul 02.05, KRL ini pun kembali bergerak menuju jalur lantai 3 Stasiun Manggarai. Berdasarkan pantauan video tersebut, uji coba ini berlangsung hingga menjelang pukul 3 dini hari.

Dalam uji coba ini, baik lokomotif dan rangkaian KRL tampak beberapa kali bergerak bolak-balik dari Stasiun Cikini ke perlintasan Bukit Duri menggunakan jalur baru ini. Selain itu, baik jalur arah Jakarta Kota dan jalur arah Bogor juga dilintasi dari kedua arah saat uji coba ini.

Pembangunan Stasiun Manggarai ini sendiri telah bermula sejak 2018. Nantinya jalur baru ini rencananya akan melayani KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota-Bogor. Meski demikian, belum ada informasi kapan jalur baru ini akan beroperasi. Sedangkan penyelesaian jalur ini sendiri telah terlambat hampir dua tahun, dengan rencana asli pada 2018 adalah akhir September 2019. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×