Mayasari Bakti Tampakkan Unit Bus Listrik BYD Mereka

Bus listrik Mayasari
Jajaran bus listrik BYD Mayasari Bakti | Foto: Mayasari Bakti via Detik Oto

REDigest.web.id, 10/8 – Mayasari Bakti kali ini ikut meramaikan kancah dunia bus listrik di Jakarta. Pasalnya operator bus kota kawakan ini telah menyiapkan unit bus listrik untuk TransJakarta.

Dilansir dari Detik Oto, ada 30 unit bus listrik yang mereka siapkan. Bus-bus listrik ini sendiri telah tiba pada pekan lalu di City Trans Utama Cibubur. Menurut informasi yang Tim REDaksi peroleh, sebelum berpindah ke Cibubur, bus ini sempat berdiam di pool Bianglala Metropolitan Ciputat. Menurut keterangan akun Instagram PT Mayasari Group, pool Cibubur ini memang akan menjadi basis armada bus listrik BYD ini.

Tampak bus ini terdiri dari dua skema warna, yaitu warna oranye khas bus low entry MetroTrans TransJakarta, dan warna hijau-kebiruan. Dalam video review oleh seorang Youtuber Aksanation, tampak bus ini memiliki pintu utama di sisi kiri dan kanan, serta tempat pengisian daya di kiri belakang. Sedang layout interiornya sekilas mirip dengan bus MetroTrans pada umumnya.

Video review bus listrik Mayasari Bakti | Video: Aksanation, Youtube

Pembelian bus ini dilakukan langsung oleh Mayasari Bakti, tanpa keterlibatan dana APBD DKI Jakarta. Direktur PT Mayasari Bakti, Akhmad Zulkifli menerangkan saat ini telah ada 20 unit yang telah tiba. Sedangkan 10 unit lain tertunda akibat masalah pengapalan.

Dilansir dari Chinabuses, BYD sendiri telah mengapalkan bus-bus ini dari Hangzhou pada akhir Mei silam. Rencana awalnya, bus-bus ini akan digunakan saat ulang tahun DKI Jakarta yang ke-494. Bus ini tiba pada akhir Juni lalu, dan sempat terpantau di jalan oleh salah satu Tim REDaksi. Meskipun pihak Mayasari Bakti menyebutkan bus ini adalah BYD K9, namun Chinabus menyebutkan bus ini adalah BYD B12.

Bus listrik Mayasari
Bus listrik BYD saat baru tiba di Jakarta | Foto: RED/Gilang Fadhli

Diperkirakan bus ini dapat beroperasi September-Oktober mendatang. Sedang kontrak operasi bus ini rencananya akan berlangsung selama 10 tahun. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: