Berita KABeroperasi KembaliInternasionalKereta Api

KA Barang Lintas Batas India-Bangladesh Kembali Beroperasi

KA lintas batas India-Bangladesh
KA barang yang melayani India-Bangladesh | Foto: Kementerian Luar Negeri India via Railway Gazette

REDigest.web.id, 7/8 – Setelah hiatus selama 56 tahun, layanan KA barang lintas batas India-Bangladesh kembali beroperasi.

Dilansir dari Railway Gazette, layanan ini menghubungkan antara Haldibari di India dan Chilahati di Bangladesh. Layanan ini kembali beroperasi pada 1 Agustus silam dengan keberangkatan KA barang dari India dengan muatan dari Damdim. Muatan ini berisi barang-barang campuran untuk diekspor ke Bangladesh.

Rencananya akan ada 20 KA barang dalam sebulan yang akan melayani layanan lintas batas ini. Muatan dari India ke Bangladesh diperkirakan akan berisi batu, buah-buahan segar, pupuk, bawang, cabai, abu batu bara, dan komoditas lain. Sedangkan muatan dari Bangladesh diperkirakan juga akan berisi beragam komoditas ekspor.

Jalur ini sebelumnya telah secara seremonial dibuka kembali dalam rapat virtual Desember 2020 silam antara Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina. Modi juga merencanakan jalur ini akan kembali melayani penumpang, namun pandemi COVID-19 membuat rencana ini tertunda.

Terdapat tujuh rute KA lintas batas India-Bangladesh yang beroperasi dari 1947-1965 sebelum ditutup. Lima dari rute ini telah dibuka kembali, dengan pemerintah kedua negara berkomitmen untuk membuka kembali dua sisanya. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×