Dua KA Babaranjang Kecelakaan, KA Sindang Marga dan Serelo Batal

babaranjang kecelakaan
Lokomotif CC2052104 terguling sebagai akibat dari kecelakaan dua KA babaranjang di Stasiun Penanggiran, Muara Enim | Foto: Istimewa, via Sumsel Update

REDigest.web.id, 11/12 –  Dua kereta api (KA) batubara rangkaian panjang (babaranjang) mengalami kecelakaan di Stasiun Penanggiran, Muara Enim, Sumatera Selatan, Sabtu (11/12) pagi. Kejadian ini mengakibatkan putusnya lintas utama Prabumulih-Lubuklinggau untuk sementara waktu.

Dua KA babaranjang yang terlibat tabrakan tersebut merupakan KA babaranjang kosong tujuan Stasiun Tanjung Enim Baru dengan nomor KA 3055 dan 3061. KA 3055 terdiri dari 60 gerbong dengan lokomotif CC2051344 dan CC2052134. Sedangkan KA 3061 terdiri dari 60 gerbong dengan lokomotif CC2051404 dan CC2052104. KA 3061 menabrak KA 3055 dari belakang dan mengakibatkan beberapa gerbong paling belakang di KA 3055 dan kedua lokomotif KA 3061 terguling. Tergulingnya unit-unit kereta tersebut juga menutup ketiga jalur yang ada di Stasiun Penanggiran.

Saat ini, KAI Divisi Regional III Palembang sedang fokus untuk mengevakuasi sarana yang terguling pada kecelakaan KA babaranjang tersebut. Menurut informasi yang Tim REDaksi peroleh, dua unit railway crane dari Tanjung Enim Baru dan Lahat akan dikerahkan dalam proses evakuasi.

Kejadian ini juga mengakibatkan pembatalan perjalanan KA Sindang Marga dan Serelo serta beberapa perjalanan KA barang. Melansir dari Sumsel Update, pihak KAI Divisi Regional III Palembang menyatakan permohonan maaf atas kejadian ini. KAI Divisi Regional III Palembang juga akan mengembalikan biaya tiket penumpang KA Sindang Marga dan Serelo sebesar 100 persen. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: