Kerjasama dengan Dovetail Games, Amtrak Luncurkan Lokomotif ACS-64 Livery Heritage

amtrak acs-64
Lokomotif Siemens ACS-64 nomor 662 milik Amtrak dengan livery Phase III | Foto: Amtrak

REDigest.web.id, 10/12 – Sebuah lokomotif listrik Siemens ACS-64 milik Amtrak tampil berbeda dari lokomotif sejenis lainnya. Lokomotif ini menggunakan livery Phase III yang pernah Amtrak gunakan pada 1976-1993. Lokomotif bernomor 662 ini merupakan kerjasama Amtrak dan Dovetail Games, pengembang dan penerbit permainan simulasi kereta api Train Sim World.

Perubahan livery pada lokomotif ini menggunakan wrapping paper dan bukan dengan melakukan pengecatan ulang. Lokomotif ACS-64 ini berdandan layaknya lokomotif listrik EMD AEM-7 yang pernah Amtrak gunakan dan telah pensiun sejak 2014 hingga 2016. Dalam publikasinya lewat media sosial Twitter, Amtrak menyebut ini sebagai “kado ulang tahun ke-50 dari Dovetail Games”.

Promosi permainan Train Sim World 2

Proses pemasangan wrapping untuk livery Phase III pada lokomotif 662 | Foto: Amtrak

Selain untuk merayakan ulang tahun ke-50, Amtrak dan Dovetail Games juga menggunakan lokomotif livery retro ini sebagai sarana untuk mempromosikan permainan Train Sim World 2. Pada bagian samping lokomotif, terdapat logo, situs web, dan kalimat promosi untuk permainan Train Sim World 2, lengkap dengan logo setiap konsol yang dapat memainkan permainan tersebut. Terdapat pula logo Epic Games dan Steam, dua toko daring yang bekerjasama dengan Dovetail Games untuk menjual Train Sim World 2 pada pemain yang menggunakan komputer pribadi.

Promosi permainan Train Sim World 2 pada bagian samping lokomotif 662 | Foto: Amtrak

Dovetail Games akan merilis lokomotif ini sebagai konten tambahan gratis untuk rute Boston Sprinter di permainan Train Sim World 2. Di lain pihak, Amtrak mengoperasikan lokomotif ini pada KA Regional Timur Laut dengan nomor KA 176. KA dengan relasi Washington DC-Boston ini berangkat pada Kamis (9/12) pukul 12:05 siang waktu setempat (Jumat (10/12) pukul 3:05 WIB) dari Stasiun Washington DC, dan akan tiba di Stasiun Boston pukul 18:06 petang waktu setempat (Jumat (10/12) pukul 9:06 WIB).

Lokomotif Siemens ACS-64 merupakan lokomotif listrik milik Amtrak dan beroperasi di Koridor Timur Laut serta Koridor Keystone. Amtrak memiliki 70 unit lokomotif ini, dengan nomor 601-665 dan 667-670. Lokomotif ini pertama kali beroperasi pada 7 Februari 2014 menggantikan lokomotif listrik EMD AEM-7 dan Bombardier HHP-8. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: