KAI Modifikasi Kereta Ekonomi 2016 Menjadi Ala Premium, Inilah Wujudnya

 

Interior ekonomi 2016 premiun
Interior kereta kelas ekonomi 2016 dengan kursi Premium | Foto: Yuli Eko

REDigest.web.id, 30/1 – Apakah pembaca merupakan pengguna setia kereta kelas ekonomi KA Kertanegara atau berencana naik KA Kertanegara?

Mulai 26 Januari kemarin, KA ini mengalami perubahan armada yang cukup masif. Kereta kelas eksekutifnya berubah dari armada stainless steel menjadi armada biasa dari Depo Malang. Sedang kereta ekonomi yang sebelumnya menggunakan armada stainless steel menjadi armada buatan 2016 dari Depo Bandung.

Ekonomi 2016 Bandung
Salah satu armada kereta ekonomi buatan 2016 yang mendapat modifikasi ini | Foto: Yuli Eko

Akan tetapi, armada kereta ekonomi buatan 2016 ini berbeda dari armada serupa pada umumnya. Ya, KAI telah memodifikasi kursi dari kereta kelas ekonomi ini menjadi ala Premium.

Dari salah satu warganet bernama Yuli Eko, tampak interior kereta yang masih seperti interior kereta ekonomi buatan 2016 pada umumnya. Akan tetapi, kursi pada kereta ini telah berubah menjadi kursi yang umumnya ada pada kereta Premium.

Kereta ekonomi 2016 modifikasi
Kereta ekonomi buatan 2016 dengan kursi yang dimodifikasi agar dapat miring (reclining) | Foto: Yuli Eko

Uniknya, terdapat beberapa kereta yang kursinya tidak sepenuhnya berubah. Ada yang rangka kursinya menggunakan rangka kursi asli buatan 2016, namun mendapatkan mekanisme reclining.

Tampak samping ekonomi modifikasi
Tampak samping kursi kereta ekonomi 2016 yang telah mendapat modifikasi, tampak tambahan tuas reclining dan rangka asli kursi yang masih dipertahankan | Foto: Yuli Eko

Akibatnya, meskipun kursi tersebut dapat miring, jarak kaki tetaplah sempit karena tulang kering tetap terkena rangka besi. Sebelumnya, kursi asli kereta ekonomi 2016 sendiri memang sering mendapat keluhan akibat tulang kaki yang sering terkena besi.

Menurut rumor yang beredar, armada eks Kertanegara akan menjadi bagian armada KA Gajahwong. Namun hingga kini belum ada informasi resmi akan rencana pendinasan armada tersebut nantinya. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: