Lokomotif DF4B Kembali Tiba di Jakarta, Kali Ini Tidak Sendirian

df4b kembali tiba
Lokomotif DF4B kembali tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan jumlah tiga unit | Foto: Twitter @bbbekti

REDigest.web.id, 28/1 – Lokomotif China Railway DF4B kembali tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta setelah berlayar dari Tiongkok. Namun, kali ini bukan hanya satu lokomotif yang tiba, melainkan tiga lokomotif sekaligus.

Ketiga lokomotif dengan warna dominan hijau gelap tersebut bernomor DF4B-7552, DF4B-7553, dan DF4B-9129. Lokomotif DF4B-7553 dan DF4B-9129 memiliki garis berwarna kuning yang sama dengan lokomotif DF4B-1295 yang telah tiba terlebih dahulu. Hanya saja, cat pada lokomotif DF4B-7553 sudah pudar termakan cuaca. Sementara itu, lokomotif DF4B-7552 memiliki garis dengan warna hijau muda.

df4b kembali tiba
Tiga lokomotif DF4B yang tiba di Jakarta dari kiri ke kanan: DF4B-7552, DF4B-7553, dan DF4B-9129 | Foto: Twitter @bbbekti

Lokomotif DF4B-7552 dan DF4B-7553 merupakan lokomotif buatan pabrik Dalian, seperti DF4B-1295. Sedangkan lokomotif DF4B-9129 merupakan lokomotif buatan pabrik Ziyang. Kedua pabrik ini kini menjadi bagian dari CRRC dengan nama CRRC Dalian dan CRRC Zhuzhou.

Ketiga lokomotif ini juga tiba bersama beberapa gerbong barang dengan jenis gerbong terbuka dan gerbong datar yang juga berasal dari China Railway. Gerbong terbuka yang tiba ini merupakan gerbong untuk angkutan batu balas. Namun, tipe gerbong terbuka dan gerbong datar ini belum dapat dikonfirmasi.

df4b kembali tiba
Gerbong datar dan gerbong terbuka angkutan balas (kiri jauh) ikut tiba di Jakarta kali ini | Foto: Twitter @bbbekti

Kedatangan lokomotif DF4B dan gerbong barang ini adalah untuk mendukung proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Sebelumnya, satu lokomotif DF4B dengan nomor DF4B-1295 telah tiba di Jakarta pada 22 November 2021 lalu. Lokomotif ini telah bertolak menuju Rancaekek pada Jumat (21/1) lalu dan tiba di Depo Kereta Cepat Tegalluar pada keesokan paginya (22/1). (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “Lokomotif DF4B Kembali Tiba di Jakarta, Kali Ini Tidak Sendirian

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: