Berita KAIndonesiaKereta Api

Longsor di Ciganea, Perjalanan KA Lintas Cikampek-Padalarang Dialihkan

Penumpang KA Argo Parahyangan yang tertahan di Stasiun Ciganea akibat longsor yang terjadi di petak Sukatani-Ciganea pada Jumat malam | Detik
Penumpang KA Argo Parahyangan yang tertahan di Stasiun Ciganea akibat longsor yang terjadi di petak Sukatani-Ciganea pada Jumat malam | Foto: Detik

REDigest.web.id 6/5 – Longsor terjadi di petak antara Stasiun Sukatani dan Ciganea pada Jumat (5/5) malam. Mengutip dari Detik, longsoran terjadi di KM 111+000 sampai KM 111+400 petak antara Sukatani-Ciganea, Purwakarta, Jawa Barat.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan longsoran memiliki ketinggian 12 meter dan menutup jalur kedua arah baik hulu ataupun hilir. Meski demikian Didiek tidak dapat memastikan kapan longsoran akan teratasi dan jalur dibuka kembali.

Longsoran yang terjadi di petak Sukatani-Ciganea pada Jumat malam | Foto: Istimewa

Akibat longsoran ini, KA 53B Argo Parahyangan tertahan di Stasiun Plered dan KA 42C Argo Parahyangan tertahan di Stasiun Ciganea. Penumpang kedua KA kemudian diangkut menggunakan bus untuk melanjutkan perjalanan.

Sejumlah KA yang melewati Lintas Cikampek-Padalarang dialihkan lewat Purwokerto. KA yang dialihkan. Di antaranya adalah KA 125A Harina tujuan Surabaya Pasarturi, KA 7048B Cikuray tujuan Garut, dan KA 306B Serayu tujuan Purwokerto via Kroya.

Proses pembersihan jalur dari material longsor dilakukan KAI bersama sejumlah pihak terkait lainnya. Lintas Cikampek-Padalarang kembali dibuka untuk lalu lintas KA pada Sabtu pagi.

KA pertama yang melintas adalah KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir pada pukul 06.36 WIB disusul KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pada pukul 07.03 WIB dengan kecepatan terbatas. KAI saat ini tengah melakukan perbaikan pada jalur terdampak longsor agar bisa dilewati dengan kecepatan normal. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×