BusBus Rapid Transit/Perkotaan

TransJakarta Rencanakan Layanan ke Bandara Soekarno-Hatta Bagi Semua Masyarakat

TransJakarta MYS 1626
Ilustrasi: Bus TransJakarta berjalan melewati jalur eks landas pacu bandara Kemayoran. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 18/6 – Layanan bus TransJakarta menjangkau ke berbagai sudut kota Jakarta hingga kota satelit. Baik perkantoran, pemukiman penduduk, hingga antarmoda dapat TransJakarta jangkau melalui beberapa rute dan unit bus atau angkot (MikroTrans) yang ada. Pada antarmoda, TransJakarta menghubungkan layanannya dengan terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, hingga bandara.

Pada bandara, TransJakarta tedapat layanan MikroTrans JAK.20, JAK.21, dan JAK.75 yang di mana jalur lintasannya melewati Bandara Halim Perdanakusuma. Sedangkan layanan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta belum terlayani sama sekali, namun ke depannya TransJakarta rencananya akan masuk ke bandara tersibuk di Indonesia tersebut.

Sebelumnya oleh Liputan6 TransJakarta hanya mengangkut penumpang khusus karyawan kerja di bandara, namun oleh Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR TransJakarta Wibowo melalui Megapolitan Kompas TransJakarta memastikan rute bandara ini dapat dipergunakan bagi masyarakat umum. Selain itu TransJakarta tengah mengkaji rute beserta halte yang disinggahi.

Bus kereta pesawat
Ilustrasi: bus bandara dan kereta bandara, akses transportasi umum dari dan menuju bandara selain taksi terdapat dua moda tersebut, dan TransJakarta akan menyusul dalam waktu dekat. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan akan ada 15 unit bus TransJakarta yang diujicobakan terlebih dahulu, lalu rute dari bus ini masih dalam proses pemenuhan administrasi dan izin dari Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Proses administrasi dan izin tersebut dilakukan mengingat lintasan TransJakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta telah berbeda provinsi, di mana layanan ini memulai dan mengakhiri perjalanan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Sedangkan bandara Soekarno-Hatta berada di Benda, Kota Tangerang dan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Masih oleh Syafrin kepada Detik uji coba bus TransJakarta layanan Bandara Soekarno-Hatta tersebut akan berbayar. Namun tarif yang ditetapkan masih dikaji seperti dari sisi jaringan dan sejenisnya. Hal tersebut menjadi faktor penentu dan saat kajian sudah siap, tarif akan diumumkan bagi masyarakat.

Selain tarif, titik naik turun bus TransJakarta di Bandara Soekarno-Hatta dibatasi hanya ada di dua tempat. Sambung Syafrin TransJakarta nantinya hanya berhenti di Kantor Angkasa Pura II dan di Terminal Kargo. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×