Berita KADebutIndonesiaKereta Api

Beginilah Suasana Peresmian KA Pariaman Ekspres

Proses penggantian papan nama KA Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres dalam rangka peresmian | Foto: Al Fath Rommy

REDigest.web.id, 16/6 – Telah setengah bulan lebih sudah pelaksanaan Grafik Perjalanan KA (GAPEKA 2023) berlaku. Selama itu juga nama KA Sibinuang telah resmi berubah menjadi KA Pariaman Ekspres. Peresmian perubahan nama KA ini berlangsung pada Kamis (1/6) silam di Stasiun Padang.

Berdasarkan info dari rekan Tim REDaksi yang hadir di lokasi, hadir dalam acara ini Gubernur Sumatra Mahyeldi Ansharullah, Vice President KAI Divisi Regional II Sumatra Barat Sofan Hidayah, dan Kadishub Sumatra Barat Dedy Diantolani.

Dalam sambutan acara tersebut, Dedy menyebutkan alasan penggantian nama KA Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres. Pertama, menurutnya KA ini cukup terkenal di jalur Pariaman. Ia mencontohkan nama KA Bandara yang memang ke Bandara, maka KA Pariaman Ekspres dengan tujuan Pariaman.

Kedua, ia juga mengatakan perubahan nama ini adalah harapan agar perjalanan KA semakin lancar. Ia mengatakan Sibinuang adalah “kerbau yang suka menanduk”, sehingga sering kecelakaan. Harapannya, dengan penggantian nama perjalanan KA tidak akan menjadi “kerbau menanduk” lagi, sehingga perjalanannya akan menjadi lancar dan selamat.

Sementara melansir dari Padang Kita, Sofan Hidayah juga mengatakan pihaknya berharap okupansi KA akan meningkat dengan penggantian nama KA. Sedangkan untuk fasilitas ia menyampaikan akan tetap sama dengan saat KA ini masih bernama Sibinuang.

Papan nama baru KA Pariaman Ekspres | Foto: Al Fath Rommy

Acara pun berlanjut dengan penggantian papan nama KA Sibinuang secara simbolis. KA yang mendapat peresmian ini adalah KA Pariaman Ekspres B4 yang berasal dari Pauhlima. Mahyeldi tampak mengganti papan nama KA Sibinuang menjadi KA Pariaman Ekspres. Selanjutnya, ia juga mendapat kehormatan untuk memberangkatkan KA ini dari Stasiun Padang.

Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah memberangkatkan KA Pariaman Ekspres | Foto: Al Fath Rommy

Ke depannya, Dishub Sumatra Barat mencanangkan layanan KA Pariaman Ekspres akan memanjang hingga Sungai Limau. Jalur Sungai Limau ini sejatinya adalah jalur mati yang merupakan lanjutan dari jalur Lubuk Alung-Naras hingga Sungai Limau. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×