BusBus Antarkota/Pariwisata

Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Nomor Kontak Agen Bus Yang Asli

Gunung Harta
Peringatan PO Gunung Harta divisi Bali dalam hal penipuan pemesanan tiket. | Foto: akun Instagram Gunung Harta Transport

REDigest.web.id, 13/7 – Selama beberapa bulan terakhir sedang ramai kasus penipuan tiket berkedok agen bus. Modusnya yaitu ketika sang korban seorang penumpang awam yang sedang membutuhkan kontak agen bus tertentu di suatu postingan status kemudian sang pelaku akan memberikan nomor agen palsu alias nomor komplotan penipu tersebut.

Postingan peringatan akan penipuan tiket dan pemalsuan rekening. | Foto: tangkapan layar dari grup Green Solutions Squad

Sayangnya dari modus tersebut banyak penumpang yang tertipu. Para korban menjelaskan saat mereka saling chat dengan pelaku, kemudian pelaku memberikan nomor rekening. Dan setelah korban melakukan transfer maka pelaku segera memblokir kontak korban sebagai bentuk putusnya komunikasi dan uang hasil transfer masuk ke dalam kantong pelaku.

Postingan peringatan akan aksi penipuan tiket yang semakin marak di beberapa grup bus. | Foto: tangkapan layar dari grup Batalan Tiket Bus (BTB)

Banyaknya penumpang yang menjadi korban penipuan dikarenakan kurangnya mengkaji ulang kontak yang diterima ataupun lebih percaya pada informasi mentah-mentah yang kebenarannya masih diragukan. Lantas bagaimana cara mengetahui nomor kontak agen bus yang asli dalam menjalin komunikasi pemesanan tiket bus? Berikut panduannya

Katalog di Sosial Media
Setiap perusahaan otobus (PO) memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan informasinya, baik melewati akun Instagram, fanspage Facebook, ataupun dibuatnya perkumpulan grup yang isinya adalah penggemar dan pengguna dari PO tersebut.

Kontak agen
Ilustrasi: Kiri: Daftar kontak agen PO Murni Jaya kiriman admin pada “Unggulan” grup. Kanan: daftar kontak agen PO Berlian Jaya postingan admin pada beranda grup. | Foto: Tangkapan layar penulis

Di grup Facebook perusahaan otobus yang ada, sebagian grup umumnya membagikan informasi kontak agen pada bagian “Pengumuman” atau “Unggulan” di halaman grup. Pengumuman tersebut dilampirkan oleh admin, moderator, atau orang internal bus terkait. Sebagian lagi ada yang memberikan daftar agen via postingan beranda di grup, baik berupa foto ataupun daftar tulisan.

Perlu diingat, bila mencari informasi ke PO yang dituju, tidak semua grup bus memiliki status sebagai grup publik yang dapat dilihat orang banyak, sebagian di antaranya merupakan grup privat di mana pembaca harus “bergabung” terlebih dahulu apabila belum masuk ke salah satu grup perusahaan otobus tersebut.

Kontak agen
Ilustrasi: akun official Instagram PO Agramas dan PO Medali Mas. Tampak di sorotan akun yang menampilkan katalog salah satunya tentang daftar kontak agen. | Foto: Tangkapan layar penulis

Pada sosial media khususnya Instagram, perusahaan otobus yang memiliki akun official umumnya membagikan informasi nomor kontak agen bus melalui postingan atau ke sorotan status di bagian profil, dan informasi ke dua tersebut paling jamak ditemukan pada berbagai akun official PO.

Validasi via aplikasi Getcontact
Apabila telah mendapatkan kontak agen bus terkait namun masih ragu akan keaslian dari kontak tersebut, pembaca dapat mengunduh aplikasi Getcontact. Cara memakai aplikasi ini yaitu pembaca “salin” nomor kontak agen tersebut, lalu buka aplikasi Getcontact dan “tempel” nomornya, kemudian klik “cari” nomor kontak tersebut dan hasilnya akan muncul pada bagian “Penanda”.

Ilustrasi: penggunaan aplikasi Getcontact. Masukkan nomor terkait maka penanda yang menyimpan kontak tersebut akan ditampilkan. | Foto: Tangkapan layar penulis

Di “Penanda” inilah pembaca dapat melihat nama kontak tersebut yang disimpan oleh orang lain sehingga bisa mengetahui apakah kontak tersebut asli agen bus atau tidak.

Bertanya Kepada Teman (Opsional)
Cara terakhir ini mungkin jarang diterapkan, tapi tidak salahnya untuk digunakan. Apabila pembaca memiliki rekan yang pernah atau sering hilir mudik menggunakan bus malam Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pasti memiliki kontak agen bus yang pernah dihubungi.

Cara ini dapat digunakan apabila pembaca tidak mau bingung mencari kontak agen suatu bus yang asli dan ingin mengikuti cara rekan pembaca yang sudah pernah menghubungi agen dengan aman.

Dengan semakin maraknya penipuan berkedok agen membuat pembaca, terkhususnya calon penumpang yang awam naik bus harus cermat dan teliti terhadap nomor yang sekiranya meragukan agar tidak timbul korban-korban berikutnya di kemudian hari. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Nomor Kontak Agen Bus Yang Asli

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×