Berita KADJKAIndonesiaKereta Api

Switch Over 7 Manggarai, Apa Saja Perubahannya?

Ilustrasi: KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai | Foto: RED/Adib Ramadhani

REDigest.web.id, 20/12 – Setelah tertunda 2 hari lamanya, switch over 7 Stasiun Manggarai akhirnya dilaksanakan pada Selasa (20/12) dini hari tadi. Rekayasa layanan Commuter Line dan KA jarak jauh dilakukan seiring dengan berlanjutnya pembangunan Stasiun Manggarai. Lantas apa saja perubahannya?

Dilansir dari rilis KAI Commuter, perubahan paling banyak dilakukan pada perjalanan Commuter Line Lintas Cikarang dan KA Bandara Soetta. Untuk Commuter Line tujuan Angke atau Kampung Bandan yang sebelumnya di jalur 6 dan 7 dipindah ke jalur 1 dan 2.

Sementara untuk Commuter Line tujuan Bekasi atau Cikarang dipindah dari yang sebelumnya di jalur 8 jadi ke jalur 3 dan 4. KA Bandara Soetta yang sebelumnya di jalur 9 dipindah ke jalur 7 dan 8.

Sementara untuk Commuter Line Lintas Bogor tidak dilakukan perubahan layanan. Hanya saja penomoran jalur berubah menjadi jalur 9 hingga 12.

Sejumlah persiapan sebelumnya dilakukan KAI Commuter dan DJKA sebelum melakukan switch over. Dari penelusuran Tim REDaksi di Stasiun Manggarai pada Senin (18/12) lalu terlihat keterangan jalur pada sejumlah signage dipotong dan dilepas untuk diganti dengan keterangan jalur yang baru.

Keterangan jalur pada signage yang dilepas untuk diganti baru pada Senin (18/12) kemarin | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

Dari pantauan Tim REDaksi pada pagi hari ini di Stasiun Manggarai, suasana Stasiun Manggarai pasca switch over 7 terlihat kondusif. Pemasangan signage baru sudah selesai dilakukan.

Petugas di lapangan juga telah dapat mengarahkan penumpang dengan baik. Announcer stasiun sesekali terdengar lupa dengan jalur yang digunakan. Terlihat banyak penumpang yang masih kebingungan namun terus diarahkan oleh petugas keamanan, CS, ataupun Marinir yang berjaga. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×