Berita KADebutKereta Api

Mengikuti adiknya, Argo Lawu Dinas Perdana dengan Stainless Steel New Generation

Ilustrasi: KA Argo Dwipangga membawa rangkaian terbaru dari PT INKA. Argo Lawu telah menggunakan rangkaian serupa. | Foto: RED/Ikko Haidar farozy

REDigest.web.id, 20/12 – Setelah debut perdananya di KA Argo Dwipangga, KAI kembali rilis rangkaian kereta Stainless Steel New Generation buatan PT INKA. Dan kali ini, yang mendapatkan rangkaian anyar ini adalah KA Argo Lawu.

Pada hari Senin (18/12), kereta api Argo Lawu dengan relasi Gambir-Solo Balapan berdinas menggunakan rangkaian terbaru. Rangkaian itu merupakan kereta Stainless Steel New Generation (SSNG) buatan PT INKA. Ini merupakan rangkaian kedua yang berdinas secara komersial dari 612 unit kereta baru yang diadakan oleh KAI.

Tampang samping dari kereta eksekutif SSNG Argo Lawu
Ilustrasi: Tampang samping dari kereta eksekutif SSNG. Kereta ini menggunakan pola livery serta warna yang sama. Yang membedakan hanya papan nama dan nomor seri. | Foto: Zacky Fadh Mustafa

Perbedaan Minor pada Rangkaian Argo Lawu

Secara eksterior, Kereta SSNG rangkaian ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan kembarannya di Argo Dwipangga. Satu-satunya perbedaan yang Anda dapat perhatikan ialah pada bagian tengah dinding kereta. Terlihat tidak ada ornamen ataupun simbol, hanya blok merah dengan tulisan “Argo Lawu”.

Ilustrasi: Bentuk casing bagian atas berserta switch pintu darurat memiliki posisi yang berbeda antara Argo Dwipangga dan Argo Lawu. | Foto: V Garda Wardana Via Youtube, diolah kembali oleh litbang RED.

Akan tetapi, ada beberapa tambahan baru yang ada pada rangkaian ini. Ketika penumpang menekan tombol pintu luar, sistem akan memutar bunyi alarm berulang ketika pintu menutup atau membuka. Selain itu, panel casing untuk bagian mesin pintu berukuran lebih kecil ketimbang saudaranya di Argo Dwipangga.

Mengutip dari VP Public Relations KAI, Joni Matinus, kereta-kereta lain akan mendapatkan sarana baru ini secara bertahap. “Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, khususnya pelanggan KA Argo Lawu. Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus. (RED/DS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Mengikuti adiknya, Argo Lawu Dinas Perdana dengan Stainless Steel New Generation

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×