Berita KAIndonesiaKereta Api

CC2030203 Kembali Berlivery Garis Biru

CC2030203 yang kini menggunakan livery “Dishub” saat menarik KA Sri Tanjung dalam uji dinamis pada Kamis (15/2) pagi | Foto: Adhitya Pratama/Facebook

REDigest.web.id, 15/2 – Setelah lebih dari 10 tahun menghilang penampakannya dari lintas utama di tanah Jawa, livery putih garis biru kembali muncul. Lokomotif CC2030203 milik Dipo Lokomotif Sidotopo liverynya kini dikembalikan ke livery awalnya yakni putih garis biru atau terkadang disebut livery “Dishub” oleh pecinta kereta api.

Perubahan livery ini dilakukan setelah perawatan akhir yang dilakukan di Balai Yasa Pengok. Penampakan CC2030203 dengan livery Dishub muncul ke publik dalam uji dinamis yang dilakukan pada Kamis (15/2) pagi.

Uji dinamis dilakukan dari Lempuyangan hingga Purwosari dan kembali lagi. Dari Lempuyangan lokomotif lokomotif digandeng dengan KA Sri Tanjung hingga Purwosari. Sementara dari arah sebaliknya, berjalan seruntulan atau sendirian sampai Lempuyangan.

Meski menggunakan livery “Dishub”, namun tidak dipasang logo Kemenhub pada bagian hidung short hood alias ujung pendek lokomotif seperti ketika baru beroperasi hingga dekade 2010an. Hal ini membuat CC2030203 lebih terlihat seperti CC204 di Sumatra ketimbang CC203. Selain itu livery di bagian kabin lokomotif terlalu turun hingga hampir mendekati underframe lokomotif.

Sebagai perbandingan, livery pada bagian kabin CC204 yang saat ini ada di Sumsel dibuat lebih tinggi sehingga tidak terlalu mepet dengan underframe lokomotif. Hal yang sama juga diterapkan pada livery lama lokomotif CC203.

Garis biru pada livery kabin CC204 yang dibuat agak tinggi sehingga tidak mepet dengan underframe | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo
Livery asli pada lokomotif CC2030203 (dahulu CC20340) | Foto: Arsip RED/Farrell Dzaudan

Kembalinya livery “Dishub” ini membawa kesan nostalgia bagi sebagian railfans. Livery ini seolah membawa kembali kenangan semasa CC203 masih berdinas menghela KA unggulan dan Argo dahulu. Selain itu bagian depan lokomotif yang tidak dipasang logo Kemenhub mengingatkan para pecinta kereta api di Pulau Jawa saat lokomotif CC204 masih menghela KA di Pulau Jawa. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×