Berita KAIndonesiaKereta Api

Biodiesel B40 Akan Diujicobakan Pada Kereta Api

Kereta pembangkit seri P 0 09 02 yang ditenagai oleh bahan bakar biodiesel B100
Ilustrasi: KAI melakukan uji coba biodiesel B100 pada kereta pembangkit pada 2022 lalu | Foto: Hariankami

REDigest.web.id, 25/5 – Kementerian ESDM akan mengujicoba penggunaan biodiesel B40 pada kereta api. Mengutip dari Republika, uji coba ini merupakan salah satu bagian dari pengujian biodiesel B40 di luar sektor otomotif.

Selain pada kereta api, uji coba juga akan dilakukan pada kapal, alat berat, mesin pertanian, hingga PLTD. Pihak terkait akan melakukan uji coba ini selama 8 bulan. Guna melaksanakan uji coba ini, LEMIGAS melaksanakan inspeksi bersama KAI, PT Pertamina Patra Logistik, dan KAI Logistik di Stasiun Arjawinangun pada 14 Mei lalu.

Kepala LEMIGAS Mustafid Gunawan mengatakan di sini LEMIGAS tengah melakukan survei pembangunan infrastruktur penunjang uji coba biodiesel B40 di kereta api.

Pemerintah sebelumnya melakukan uji coba penggunaan biodiesel B40 pada sektor otomotif. Namun kemudian pemerintah memutuskan untuk mengaplikasikan biodiesel B35 pada otomotif. Kementerian ESDM sendiri sudah menetapkan kuota penyaluran biodiesel B35 sebanyak 13,41 juta kiloliter pada 2024.

Sebelumnya pada 2022 lalu, KAI dan Kementerian Pertanian melakukan uji coba pengaplikasian biodiesel B100 pada kereta pembangkit P 0 09 02. KAI bahkan sempat berencana untuk menggunakan biosolar B100 pada kereta pembangkit dan lokomotif miliknya. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×