Berita KAIndonesiaKereta Api

Kereta Bandara IKN Ditargetkan Selesai 2030

KA Bandara Soekarno Hatta saat berangkat dari Stasiun Rawa Buaya | Foto: Wakhid Hidayat Saputra

REDigest.web.id, 2/6 – Otoritas Ibukota Nusantara (IKN) menargetkan pembangunan kereta bandara rampung pada 2030 mendatang. Seperti dikutip dari Antara, kereta bandara ini nantinya akan menghubungkan Bandara Sepinggan, Balikpapan dengan IKN sejauh 46 kilometer.

Deputi Fasilitas dan Infrastruktur Otoritas IKN Silvia Halim mengatakan kereta api sebagai moda transportasi menuju IKN sedang disiapkan. Ia mengatakan pembangunan jalur kereta bandara akan diprioritaskan lebih dulu.

Selain kereta bandara, rencananya juga akan dibangun jalur KA regional penghubung IKN, Samarinda, Balikpapan, dan kota sekitarnya. Untuk trase KA regional saat ini sedang memasuki tahapan studi untuk menentukan lewat mana jalurnya. Silvia mengatakan jalur KA regional rencananya mulai dibangun pada 2035.

Silvia mengatakan pembangunan KA bandara dan KA regional sendiri merupakan bagian dari rencana pembangunan IKN yang menargetkan penggunaan angkutan umum sebanyak 80 persen. KA bandara ini diharapkan bisa mengurangi waktu tempuh Bandara Sepinggan-IKN dari yang sebelumnya 2 jam menjadi hanya 34 menit.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×