Berita KAIndonesiaKereta ApiLRT Jabodebek

Tarif LRT Jabodebek Resmi Menjadi Tarif Normal

Rangkaian LRT Jabodebek yang tengah langsir di Dukuh Atas | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 2/6 – Kementerian Perhubungan resmi menaikkan tarif dasar LRT Jabodebek per hari Sabtu (1/6) kemarin. Seperti dikutip dari Detik, hal tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Rizal Wasal.

Rizal mengatakan kenaikan ini menandai berakhirnya tarif promo LRT Jabodebek yang berlaku sejak 25 Oktober 2023 lalu dan sekarang sudah menggunakan tarif normal. Keputusan ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 Tahun 2023.

Kenaikan terjadi pada tarif dasar kereta yakni dari yang sebelumnya Rp3.000 menjadi Rp5.000 untuk kilometer pertama. Sementara untuk 1 kilometer selanjutnya tetap Rp700. Tarif maksimal juga dibedakan yakni Rp10.000 pada akhir pekan, tanggal merah, dan di luar jam sibuk serta Rp20.000 pada jam berangkat dan pulang kerja.

DJKA juga mengatakan keputusan ini diambil juga atas besarnya animo masyarakat terhadap LRT Jabodebek. Sejak beroperasi pada 17 Agustus 2023, sebanyak 11 juta orang penumpang berhasil diangkut oleh LRT Jabodebek. Diharapkan dengan tarif baru ini dapat menarik animo masyarakat untuk bepergian dengan LRT Jabodebek.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×