Berita KAIndonesiaKereta Api

Kereta Barang RORO Akan Beroperasi di Sulawesi

Ilustrasi kereta RORO yang beroperasi di Eropa | Foto: LinkedIn/Khaled Arhabi

REDigest.web.id, 16/6 – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub (DJKA) berencana akan mengoperasikan kereta barang roll on roll off (RORO) di Sulawesi Selatan. Seperti dikutip dari Detik Finance, Direktur Jenderal Perkeretaapian Rizal Wasal mengatakan kereta barang RORO rencananya akan beroperasi di rute Ramang-Ramang hingga Garongkong sejauh 108 kilometer.

Ia mengatakan digunakannya sistem RORO ini dapat mempermudah pengangkutan barang menggunakan kereta api. Jika pada kereta angkutan barang biasa barang yang akan diangkut harus diturunkan dari truk, pada sistem RORO truk pengangkut barang langsung dinaikan ke atas kereta.

Kereta RORO yang beroperasi di India | Foto: Livemint

Sehingga sistem RORO ini lebih hemat biaya dan lebih efisien karena barang tidak perlu diturunkan dari truk. Di samping itu sistem RORO juga mengurangi kemacetan di jalan raya serta mencegah truk yang ODOL karena truk yang naik diawasi dengan ketat.

Risal mengatakan sejumlah industri seperti industri semen tertarik untuk menggunakan layanan kereta RORO. Namun Kemenhub ingin memfokuskan layanan ini untuk angkutan hasil bumi masyarakat. Untuk operator sudah ada yang berminat yakni Kereta Api Indonesia Timur. Namun Rizal masih belum bisa merinci berapa investasi serta berapa biaya angkutnya.

Untuk tahap awal, akan disiapkan sebanyak 20 rangkaian gerbong RORO yang dapat mengangkut sebanyak 40 truk dalam sekali jalan. Rizal juga mengatakan tidak menutup kemungkinan ke depannya rute kereta barang RORO akan diperpanjang.

Kereta barang RORO sendiri bukanlah hal yang baru di dunia perkeretaapian. Sejumlah negara seperti negara-negara di Eropa hingga India lebih dulu mengoperasikan layanan kereta barang RORO. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×