Berita KAInternasionalKereta Api

CRRC Berhasil Buat Kereta Metro Berbodi Serat Karbon

Kereta metro berbahan serat karbon yang berhasil dibuat oleh CRRC | Foto: CRRC

REDigest.web.id, 4/7 – Jika selama ini kita biasa melihat bodi kereta metro ataupun komuter dibuat dari bahan aluminium alloy atau stainless steel, lain halnya dengan kereta metro buatan CRRC yang satu ini. CRRC Qingdao berhasil membuat purwarupa kereta metro dengan bodi berbahan serat karbon.

Seperti dikutip dari rilis CRRC, rangkaian kereta metro yang diberi nama Cetrovo 1.0 ini sepenuhnya dibuat dari serat karbon. Selama ini serat karbon lebih sering digunakan dalam industri otomotif dan aviasi. Sedangkan aplikasi di dunia kereta api masih baru sesekali. Sebut saja bogie efWING buatan Kawasaki yang diujicoba pada 2016 silam.

Tak hanya pada bodi kereta, bogie pada Cetrovo 1.0 juga dibuat dari serat karbon yang dilengkapi dengan rem cakram berbahan ceramic-carbon yang membuat rem kereta lebih pakem.

Bogie kereta Cetrovo 1.0 yang dibuat dari serat karbon | Foto: CRRC

Karena dibuat dari serat karbon, bodi kereta diklaim lebih ringan 25% serta rangka kereta lebih ringan 50% dari kereta biasa. Secara keseluruhan, kereta ini 11% jauh lebih ringan dari kereta biasa.

Karena lebih ringan, konsumsi energi kereta berkurang hingga 7% yang setara dengan 130 ton emisi karbon dioksida per tahun. Seperti dikutip dari Railway Supply, Cetrovo 1.0 juga dilengkapi dengan teknologi GoA 4 yang dapat mengeliminasi campur tangan manusia dalam operasional kereta serta meningkatkan keselamatan kereta.

Kereta ini juga diklaim dapat dipacu hingga kecepatan 140 km/jam. Dengan teknologi SmartCare yang diperkenalkan CRRC dapat mengurangi biaya operasional kereta. Rencananya rangkaian Cetrovo 1.0 akan dioperasikan di jalur kereta metro pertama di Kota Qingdao.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×