Berita KADJKAIndonesiaKereta Api

DJKA Akan Reaktivasi Jalur Rangkasbitung-Labuan

Bangunan eks Stasiun Pandeglang pada 2018 | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

REDigest.web.id, 30/6 – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub (DJKA) berencana akan melakukan reaktivasi pada Jalur Rangkasbitung-Labuan. Dikutip dari Detik, hal tersebut disampaikan Kepala BTP Jakarta Ferdian Suryo pada 19 Juni lalu.

Ia mengatakan proyek ini sempat terhambat akibat pandemi COVID-19. Ferdian mengatakan rencananya proyek ini akan dikerjakan kembali pada 2025 mendatang dengan anggaran yang diusulkan sebesar Rp500 miliar. Ditargetkan reaktivasi selesai pada 2029.

Ferdian mengatakan anggaran Rp500 miliar ini hanya untuk reaktivasi jalur saja. Untuk sarana semua merupakan wewenang KAI selaku operator. Penertiban bangunan yang sebelumnya sudah dilakukan akan dilanjutkan pada 2025.

Warga yang terkena dampak penertiban ini nantinya akan mendapatkan ganti rugi. Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap dapat mempermudah mobilitas masyarakat di wilayah Pandeglang ke Jakarta, Serang, dan Cilegon. Irna juga berharap jalur juga dapat dibangun ke sejumlah kawasan wisata seperti Tanjung Lesung dan Cikedal.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×