Mengenal Lebih Dekat KCI-SFC120V, Si Panda Merah dari Negeri Tirai Bambu

REDigest.web.id, 2/2 – Pecinta kereta api di Jabodetabek saat ini tengah bersorak gembira atas kedatabgan rangkaian KRL baru pesanan KAI Commuter ke CRRC yakni KCI-SFC120V. Kedatangannya yang bagai kejutan membuat semua orang penasaran bagaimana kah penampilan serta isi dari KRL ini.
Satu set KR KCI-SFC120V terdiri atas 12 kereta tanpa kabin tengah. Dalam satu set, terdapat 2 kereta dengan ruang kursi roda.
Desain eksterior KRL ini benar seperti dalam foto yang bocor beberapa waktu lalu. Untuk desain bagian depan kereta persis seperti rangkaian KRL yang beroperasi di Zhengzhou Metro Line 7. Hanya bedanya livery KRL KCI-SFC120V didominasi warna hitam dengan sedikit aksen putih dan merah.
Kereta KCI-SFC120V memiliki panjang 20.460 mm, lebar 3.000 mm, dan tinggi 3.615. Sebagai perbandingan, KRL JR 205 memiliki panjang 20.000 mm, lebar 2.800 mm, dan tinggi 4.140 mm. Yang itu artinya KCI-SFC120V lebih panjang dan lebar dari KRL eks JepangĀ namun memiliki tinggi yang lebih pendek, mengikuti regulasi Kemenhub.
Desain eksterior samping KCI-SFC120V sepintas terlihat seperti perpaduan antara E235 dengan KRL Zhenhzhou Metro Line 7. Hanya bedanya KRL Zhengzhou Metro Line 7 pintunya terbuka ke bagian luar kereta, sementara KCI-SFC120V ketika terbuka tetap berada di dalam dinding kereta. Sama seperti KRL di Tiongkok, pada ruang khusus kursi roda tidak dipasang jendela.

Sementara untuk interiornya sendiri secara keseluruhan terlihat seperti E235. Corak interiornya sendiri ada dua deaain. Untuk kereta tanpa ruang kursi roda, lantai kereta berwarna abu-abu dengan dinding putih. Sementara pada kereta dengan ruang kursi roda, lantai kereta memiliki corak kayu dengan dinding warna putih.

Sementara untuk traksi yang digunakan, dari informasi yang diperoleh Tim REDaksi KRL KCI-SFC120V menggunakan traksi CRRC Times Electric tPower-TN30 dengan teknologi VVVF-IGBT dan tengangan masukan 1.500 Volt DC.
Dikutip dari Wikipedia China, traksi yang digunakan juga digunakan pada sarana KRL di Hangzhou Metro Line 3 dan 4, Guangzhou Metro Line 7, Zhengzhou Metro Line 6, Nanning Rail Transit Line 5, Changsa Metro Line 6, dan Dalian Metro Line 5.

Rangkaian pertama KCI-SFC120V rencananya akan menjalani uji dinamis dan sertifikasi dalam waktu dekat sebelum mulai berdinas melayani penumpang. Belum diketahui di lintas mana nantinya rangkaian ini akan mulai beroperasi.(RED/BTS)