KRL CRRC seri SFC120-V dari Tiongkok Batch 2 Tiba di Jakarta!

REDigest.web.id, 13/3 – Kereta rel listrik (KRL) terbaru pesanan KAI Commuter dari Tiongkok produksi CRRC Qingdao Sifang dengan nomor seri SFC120-V kembali tiba di Jakarta, tepatnya pada hari Selasa, 11 Maret 2025. KRL SFC120-V tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan menggunakan kapal Feng Li Hai yang berbendera Hong Kong.
Berbeda dengan kedatangan rangkaian sebelumnya pada akhir Januari lalu yang hanya terdiri dari satu rangkaian (TS1), kedatangan rangkaian kali ini terdiri dari dua rangkaian, yaitu rangkaian TS2 dan TS3, sehingga sudah terdapat 3 rangkaian KRL SFC120-V yang tiba di Indonesia dari total 11 rangkaian yang dipesan oleh KAI Commuter.
Pengiriman Tahap Pertama
Sama seperti rangkaian pertama, rangkaian yang tiba kali ini juga terdiri dari 12 kereta dalam satu rangkaiannya, dan tidak ada ciri khas yang membedakan rangkaian yang datang kali ini dibandingkan rangkaian sebelumnya. Penurunan rangkaian KRL diawali dengan rangkaian TS2 pada Selasa, 11 Maret 2025 pagi hari, di mana kereta diturunkan dari kapal menuju truk untuk diangkut menuju Stasiun Pasoso.

Setelahnya, di mana pada malam hari di tanggal yang sama, 6 dari 12 kereta pada rangkaian tersebut langsung dikirim menuju Depo KRL Depok dengan rute dari arah Stasiun Pasoso menuju Jakarta Kota, lalu menuju Kampung Bandan, Tanah Abang, Manggarai, hingga Depo Depok setelah sampai di Stasiun Depok. Sementara itu, 6 unit kereta sisanya baru dikirim pada keesokan harinya, Rabu, 12 Maret 2025 pada siang hari dengan lokomotif serta rute yang sama dari Pasoso menuju Depok.
Pengiriman Tahap Kedua

Pada sore harinya, rangkaian TS3 tahap pertama mulai dikirimkan menuju Depo Depok, diawali dengan 6 dari 12 unit kereta pertama tiba di Depok pada malam hari Rabu, 12 Maret 2025. Pengiriman rangkaian TS3 tahap kedua yaitu 6 unit kereta yang tersisa berlanjut dengan tahap keduanya yaitu pada Kamis, 13 Maret 2025 pada pagi menuju siang hari. Pengiriman KRL SFC120-V rangkaian kedua dan ketiga ini menggunakan lokomotif CC 201 92 12 dari Depo Induk Cipinang, dan untuk membantu pengereman, 2 unit kereta disambungkan di belakang unit KRL yang dikirim, kecuali pada batch kedua pengiriman kereta ketiga di mana pengiriman dilakukan.

Kedua rangkaian kereta ini nantinya akan disiapkan untuk berdinas di lintas Jabodetabek. Namun, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 49 Tahun 2023, rangkaian yang baru tiba ini hanya perlu menjalani uji coba sejauh 2000 km, dibandingkan rangkaian pertama yang memerlukan uji coba sejauh 4000 km sebelum dapat dinyatakan layak berdinas. (RED/FD)