Berita KABeroperasi KembaliIndonesiaKereta Api

Kini, Giliran KRL Seri 5000 yang Memerah

Memerahkan KRL yang berwarna biru. Itulah yang sedang berlangsung saat ini. KRL-KRL yang tadinya berwarna biru karena dimiliki dan diimpor oleh PT KAI melalui Divisi Jabotabek, sekarang harus patuh terhadap regulasi yang mengatur bahwa KRL harus berwarna merah khas PT KCJ. Selain melalui perawatan akhir lengkap, KRL biru juga dimerahkan melalui salonisasi KRL.
5809F sebagai KA 1823 tujuan Duri
Setelah 8007F, 8003F, 6181F, dan 8604F, kini menyusul 5809F yang warnanya diubah jadi merah. Memang bagi mata yang tidak biasa, KRL eks Tokyo Metro seri 5000 yang mukanya diwarnai merah dengan garis kuning seperti ini akan terlihat aneh dan lucu, dikarenakan bentuk KRL-nya sendiri yang memang sangat klasik khas tahun 60-an, sedangkan skemanya sendiri pertama kali dipakai untuk KRL dengan tahun pembuatan yang lebih baru.
Striping biru kuning samar-samar masih terlihat di balik skotlet kuning
Rangkaian 5809F memerah lewat proses salonisasi, sama seperti 8604F. Penggantian warna dengan menempelkan skotlet merah dan kuning pada badan KRL. Berbeda dengan 8007F dan 8003F yang dicat ulang karena melalui proses PAL. Striping biru kuning masih bisa dengan samar terlihat di balik skotlet yang sudah terpasang.
Setelah 5809F, rencananya yang akan memerah adalah seri 1000 eks Toyo Rapid, namun belum diketahui apakah 1080F atau 1090F yang dimerahkan terlebih dahulu. Yang pasti sebelum KRL-KRL biru menghilang dari lintas, abadikan yang banyak supaya bisa menjadi sejarah yang bisa diceritakan ke anak cucu kelak!
RE Digest | MPSCLFJRN

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Kini, Giliran KRL Seri 5000 yang Memerah

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×