Lagi, 4 Rangkaian KRL Seri 205 ini Formasinya Diacak

205-62F dengan formasi 10 kereta. Rangkaian ini merupakan rangkaian formasi 8 kereta ketiga yang diperpanjang menjadi 10 kereta, setelah 205-15F dan 205-123F.

Dikarenakan makin tingginya jumlah penumpang KRL Jabodetabek dan mengharuskan rangkaian-rangkaian dengan formasi 8 kereta (SF8) diperpanjang menjadi 10 atau 12 kereta (SF10/SF12), kini semakin banyak KRL seri 205 dari jalur Yokohama maupun Nambu yang formasinya sudah tidak asli lagi. Setelah sukses memanjangkan 205-123F (eks tabrakan Juanda) dan 205-15F dengan mengorbankan 205-64F, juga memanjangkan 205-61F dan 205-62F dengan mengorbankan 205-66F, dan menjadikan 205-66F sebagai addition untuk 205-68F sebagai SF12 dengan mensubstitusi 2 kereta trailer dengan 2 kereta motor ke 205-133F (rangkaian eks jalur Nambu), kini rangkaian 205-71F, 205-72F, dan 205-74F juga dijadikan SF10.

205-71F, diperpanjang dengan menggunakan kereta motor 205-90 dan 204-90 (kereta nomor 3 dan 4 dari rangkaian 205-30F) yang diposisikan di belakang kereta trailer 6 pintu (kereta nomor 2)
205-72F, diperpanjang dengan menggunakan kereta motor 205-88 dan 204-88 (kereta nomor 6 dan 7 dari rangkaian 205-30F) yang diposisikan di depan kereta trailer berkabin 205-72 (kereta nomor 8)

Rangkaian 205-71F dan 205-72F dijadikan SF10 dengan menyisipkan kereta motor 205-90/204-90 dan 205-88/204-88 dari 205-30F. Sedangkan 205-74F dijadikan SF10 dengan menyisipkan kereta motor 205-357/204-357 dari 205-131F (rangkaian eks jalur Nambu). Untuk menggantikan kereta motor yang dilepaskan dari 205-131F, yang dipasangkan dengan 205-134F dalam pengoperasiannya sebagai rangkaian SF12, maka disisipkanlah kereta trailer 205-59/204-30 dari 205-30F. Dengan pengacakan seperti ini, praktis rangkaian 205-30F tidak bisa dipakai lagi karena hanya menyisakan 2 kereta trailer berkabin masinis, sedangkan seluruh kereta tengahnya dipindahkan ke rangkaian lain.

205-74F, belang kuning karena mengambil kereta motor dari 205-131F (foto: Rafli Penggemar Southline)
Susunan pada rangkaian-rangkaian tersebut berubah menjadi unik, dikarenakan pemasangan kereta tambahan pada rangkaian-rangkaian ini antara satu sama lainnya tidak sama.
Susunan rangkaian
Dengan diperpanjangnya 205-71F, 205-72F, dan 205-74F menjadi SF10, maka saat ini ada 22 rangkaian SF10 yang bergulir di Jabodetabek, dengan rincian 16 rangkaian eks jalur Saikyo dan 6 rangkaian eks jalur Yokohama. Rencananya, semua KRL seri 205 yang masih memiliki formasi 8 kereta akan diubah menjadi 10 atau 12 kereta, untuk meningkatkan kapasitas angkut. Selain itu, rangkaian SF10 yang sudah ada namun sedang tidak beroperasi, yaitu 205-17F, juga akan dioperasikan kembali untuk menambah jumlah rangkaian SF10 di lintas.
RE Digest | MPSCLFJRN

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: