Ujicoba Rangkaian 6108F Setelah Adaptasi Lingkungan
KLB ujicoba 6108F melintas kawasan Batugede, saat kembali menuju Depok |
Menyusul sang kakak, 6101F, yang sudah terlebih dahulu diujicoba secara internal oleh PT KCJ, pada hari ini rangkaian KRL seri 6000 yang menjadi rangkaian transfer kedua untuk tahun fiskal 2016, 6108F, untuk pertama kalinya diujicobakan di lintas selatan Jabodetabek dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok.
KLB ujicoba 6108F di Stasiun Manggarai (foto: Rico) |
Selain itu, adaptasi lingkungan pada rangkaian 6108F sendiri secara garis besar sudah selesai dikarenakan keadaannya yang terlihat lebih baik dari 6101F pada saat ujicoba. Perubahan livery pada rangkaian 6108F terlihat sudah rampung seluruhnya, berbeda dengan 6101F yang pada saat ujicoba yang lalu pada beberapa bagian belum selesai.
Tabel formasi rangkaian 6108F |
Perbedaannya adalah rangkaian ini sudah menggunakan sistem traksi VVVF 3-phase, sedangkan pada rangkaian lain yang disebutkan di atas masih menggunakan sistem traksi AVF-Chopper. Suara traksi VVVF pada rangkaian ini sendiri sepintas terdengar sangat mirip dengan KRL ekonomi buatan INKA tahun 1997 yang menggunakan traksi VVVF dari Hitachi, dikarenakan traksi VVVF yang dipakai oleh rangkaian ini sejak mengalami refurbishment pada tahun 1998 juga merupakan buatan Hitachi.
Muda-muda tua dan tua-tua muda, 6134F dan 6108F berpapasan di Citayam (foto: Adnan) |
Dengan diujicobakannya 6108F, maka hanya tinggal 6117F saja yang belum diujicobakan. Sedangkan untuk kedatangan berikutnya, sudah ada 6116F dan 6118F yang masuk daftar tunggu pengapalan, dengan sisa 1 rangkaian lagi. Setelah ujicoba internal dilakukan, nantinya rangkaian-rangkaian ini akan diujicobakan bersama Kementerian Perhubungan untuk proses sertifikasi, sebelum statusnya bisa berubah menjadi siap operasi dan menjalani debut di Indonesia.
RE Digest | MPSCLFJRN