Stasiun Manggarai Gantikan Peran Stasiun Gambir 2022 Mendatang

proyek stasiun manggarai
Proyek Stasiun Manggarai | Foto: Agung Pambudhy (Detik)

[19/2] Stasiun Sentral Manggarai yang rencananya menggantikan peran Stasiun Gambir sebagai sentral KA jarak jauh pada 2021 mundur ke tahun 2022. Hal ini disebabkan pandemi COVID-19 yang menyebabkan persiapan Stasiun Manggarai Sentral terganggu.

Mengutip dari Detik Finance, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menerangkan meski target Stasiun Sentral Manggarai mundur ke tahun 2022, proyek ini tetap berjalan. Sebelumnya Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral ini ditargetkan selesai tahun 2021 oleh Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Supandi.

Pada tahun 2019 lalu ia menerangkan target Stasiun Sentral Manggarai adalah akhir tahun 2021 ini. Sedangkan peran Manggarai sebagai stasiun sentral telah diutarakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia mencanangkan Stasiun Manggarai sebagai pusat untuk stasiun KRL Commuter Line dan KA jarak jauh.

Target 2021 ini sendiri telah mundur dari target awal 2019 lalu. Saat diskusi switch over pada Agustus 2018 lalu, Stasiun Manggarai Sentral telah ditargetkan selesai pada September 2019.

Sementara itu pembangunan Stasiun Manggarai sendiri berdasarkan yang Tim REDaksi himpun di media sosial saat ini berfokus pada pembangunan jalur baru di atas jalur 6-9. Nantinya jalur baru ini akan bercabang dari jalur eksisting di percabangan Depo Bukit Duri, dan tersambung dengan jalur eksisting di Stasiun Cikini.

Video pembangunan Stasiun Manggarai | Video: Garuda Infrastucture

Selain itu juga terdapat pembangunan jalur baru arah Bogor yang baru dioperasikan pada Kamis (18/2) kemarin. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: