Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiUjicoba

Tokyu Panjang Nambah Lagi, Rangkaian 8604F Diujicoba

Rangkaian ujicoba 8604F melintasi bilangan Kalibata, Jakarta Selatan
(16/8) – Belum sebulan rangkaian KRL Tokyu 8003F dengan formasi 12 kereta beroperasi, sudah ada rangkaian Tokyu lain yang menyusul menjadi panjang. Adalah Tokyu seri 8500 dari jalur Den-en-toshi dengan nomor rangkaian 8604F yang dipanjangkan, namun dengan formasi 10 kereta yang merupakan formasi baku rangkaian-rangkaian yang beroperasi di jalur Den-en-toshi. Rangkaian ini merupakan rangkaian KRL Tokyu 8500 pertama yang didatangkan ke Indonesia pada tahun 2006 silam.
Meskipun menggunakan formasi dengan jumlah kereta yang sama pada saat rangkaian ini masih beroperasi di Jepang, namun kereta yang digunakan untuk menjadikan rangkaian ini 10 kereta bukan kereta yang pernah mengisi formasi aslinya. Satu kereta bernomor 8711 berasal dari rangkaian 8611F yang merupakan kompatriotnya di jalur Den-en-toshi, sementara kereta lainnya yang bernomor 8245 berasal dari rangkaian 8007F yang beroperasi di jalur Toyoko yang tiba di Indonesia pada tahun 2005. Kereta 8711 sebelumnya digabungkan pada rangkaian 8007F bersama dua kereta milik 8611F lainnya sejak tahun 2014. Kereta 8898 dan 8794 yang merupakan kereta asli milik rangkaian ini sekarang menjadi bagian dari rangkaian 8627F di Jepang.
Selain keretanya yang tidak asli, susunan formasi yang digunakan pun bukan susunan baku rangkaian Tokyu 8500 di Jepang. Perbandingan tiap susunan rangkaian 8604F dapat dilihat pada tabel berikut.
Formasi rangkaian 8604F dari masa ke masa
Dengan rute ujicoba hanya Depok-Manggarai PP, rangkaian ini berangkat dari Stasiun Depok sekitar pukul 13:20 WIB, dan tiba kembali di Stasiun Depok sekitar pukul 14:30 WIB. Ujicoba ini dilakukan untuk mengetahui performansi rangkaian. Setelahnya, rangkaian 8604F langsung masuk Dipo Depok untuk dievaluasi, sebelum nantinya berstatus siap operasi dan berdinas melayani penumpang.
Kembali menuju Depok
Rangkaian 8604F sementara menambah jajaran rangkaian formasi 10 kereta yang dimiliki oleh PT KCJ menjadi 41 rangkaian. Adapun rangkaian 8007F yang telah menjadi donor untuk rangkaian 8003F dan 8604F kini hanya tersisa dua unit kereta kabinnya saja. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kedua kereta tersebut akan digunakan untuk menjadikan rangkaian lain berformasi 10 kereta, atau bahkan digabungkan juga dengan rangkaian 8604F menjadi satu rangkaian formasi 12 kereta.
RED | MPSCLFJRN

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×