2 Tahun Ngerem di Dipo, Toei Rakitan Kembali Keluar Kandang

Rangkaian Toei Rakitan saat berada di Stasiun Depok | picture by: Saddam

[21/3]. Setelah lebih dari 2 tahun tidak kelihatan batang couplernya di lintas utama, rangkaian Toei 6217-6182 alias Toei Rakitan kembali muncul ke khalayak ramai di lintas utama. Namun dia muncul bukan untuk berdinas reguler di rute Jakarta Kota – Kampung Bandan seperti dahulu. Dinasannya kali ini rutenya sangat pendek yakni Dipo Depok – Stasiun Depok untuk mengangkut pejabat KAI yang hendak melakukan inspeksi ke Dipo Depok. Rangkaian dilangsir dari Dipo Depok sekitar pukul setengah 10. Di Stasiun Depok rangkaian berhenti hampir 1 jam lamanya.

Pejabat KAI yang hendak melaksanakan inspeksi ke Dipo Depok | picture by Saddam

Rangkaian berhenti cukup lama untuk menunggu pejabat yang akan datang serta menunggu bergantian dengan perjalanan KRL Bogor dan KRL yang keluar Dipo Depok. Rangkaian baru bisa dilangsir ke Dipo Depok dengan membawa pejabat pada pukul setengah 11 siang. Sebelum dipakai mengangkut pejabat, rangkaian 6217-6182 menjalani perbaikan di Dipo Depok selama 2 minggu lamanya. Tidak banyak perubahan yang terjadi pada rangkaian ini setelah diperbaiki. Bahkan bisa dibilang sama saja seperti terakhir kali dia berdinas reguler 2 tahun lalu. Pasalnya Toei Rakitan sempat diisukan akan dimodifikasi menjadi kereta inspeksi.

Tampak bagian dalam kereta yang tidak berubah | picture by: Saddam
Rangkaian Toei 6217 merupakan salah satu produk Toei dengan kabin rakitan hasil karya Balai Yasa Manggarai sama seperti Toei Espass dan Toei Lohan. Rangkaian ini terakhir kali beroperasi mengangkut penumpang pada 2016 lalu sebagai Feeder Kampung Bandan. Setelah berhenti beroperasi sebagai feeder, rangkaian Rakitan digunakan sebagai pelangsir di Dipo Depok membantu tugas TMC dan lori kepiting.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “2 Tahun Ngerem di Dipo, Toei Rakitan Kembali Keluar Kandang

  • Sabtu, 28 November 2020 pada GMT+0700 07:32
    Permalink

    Min, krl Toei 6000 rakitan dimodifikasi menjadi kereta inspeksi listrik atau kereta inspeksi diesel, min?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: