JR East Akan Ganti Armada Jalur Yokosuka dengan KRL Seri E235

Sketsa resmi rangkaian Seri E235 Jalur Yokosuka | Foto: JR East via Tetsudo Shimbun

[5/9] – Kita tentunya sudah sangat kenal dengan KRL terbaru milik East Japan Railway Company (JR East) yaitu KRL Seri E235 yang saat ini sudah cukup meluas penggunaannya di Jalur Yamanote. Kali ini penggunaannya akan segera lebih luas dengan rencana penggantian armada Jalur Yokosuka dan Sobu Rapid menjadi KRL Seri E235.

Berdasarkan yang dilansir dari Tetsudo Shimbun, pihak JR East berencana akan memperbarui armada Jalur Yokosuka dengan mengganti armada Seri E217 yang sekarang berdinas dengan armada terbaru yaitu seri E235. Rencananya, proses penggantian ini akan dimulai secara bertahap dari tahun 2020 mendatang dengan total pengadaan armada sebanyak 745 unit, dengan rincian 51 rangkaian stamformasi 11 kereta dan 46 rangkaian stamformasi 4 kereta.

Gambaran interior, fasilitas layar informasi penumpang, dan koneksi ke pusat kendali yang akan ada di rangkaian Seri E235 Jalur Yokosuka | Foto: JR East via Tetsudo Shimbun

Sementara itu, berdasarkan rilis resmi dari JR East, juga dijelaskan secara mendetail fitur utama dari KRL Seri E235 yang akan berdinas di Jalur Yokosuka dan Sobu Rapid dan rencana operasinya. Fitur utama dari rangkaian Seri E235 ini adalah di antaranya perangkat catudaya darurat dengan tujuan jika ada gangguan LAA dan perlengkapan traksi yang diduplikat untuk mengantisipasi gangguan, rangkaian dapat bergerak dengan tenaga sendiri untuk mencapai stasiun terdekat, layar informasi penumpang di atas pintu dan rak bagasi sebagaimana yang terdapat pada armada Seri E235 di Jalur Yamanote dengan lebar kursi sekitar 10 mm lebih besar dari kursi E217, dan koneksi dari rangkaian kereta ke sistem pusat kendali sehingga kondisi kereta dapat selalu dipantau terus secara realtime.  

Selain itu, direncanakan juga akan diadakan fasilitas koneksi Wi-Fi gratis serta colokan pengisi daya USB pada kursi di kereta Green Car, pemasangan toilet yang ramah kursi roda, pemasangan unit pendingin udara dengan kapasitas yang lebih besar, dan juga pemasangan kamera CCTV di setiap kereta pada rangkaian Seri E235 ini.

Gambaran unit catudaya darurat dan fasilitas Wi-Fi dan colokan USB gratis pada Green Car yang akan ada di rangkaian Seri E235 Jalur Yokosuka | Foto: JR East via Tetsudo Shimbun

Sementara itu dari rencana operasinya, rangkaian Seri E235 terbaru ini selain akan didinaskan di Jalur Yokosuka dan Sobu Rapid, juga akan didinaskan di Jalur Utama Sobu (Chiba-Goto), Jalur Narita (Sakura – Bandara Narita), Jalur Uchibo dan Sotobo (Chiba – Kazusa-Ichinomiya dan Soga – Kimitsu), dan Jalur Kashima (Kashima – Kashima-Jingu). 

Sumber
RED | Ikko Haidar Farozy

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: