KAI Pasang Mesin X-Ray di Stasiun Bandung

Mesin x-ray milik DITPAMOBVIT Polda Jawa Barat yang dipasang di Stasiun Bandung | Kererta Api Kita

[20/10]. Guna mengamankan perjalanan kereta api dari ancaman barang-barang berbahaya, PT KAI Daop 2 Bandung bekerjasama dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital (DITPAMOBVIT) Polda Jawa Barat memasang mesin scan x-ray di pintu masuk Stasiun Bandung. Hal tersebut dijelaskan dalam rilis KAI melalui fanpage Facebook Kereta Api Kita pada Kamis kemarin.

Proses pemasangan dan instalasi dilakukan oleh petugas dari DITPAMOBVIT Polda Jabar. Pemasangan ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya barang-barang berbahaya dan dilarang untuk dimasukan ke dalam kereta api. Jadi nantinya setelah penumpang melakukan proses boarding, terlebih dulu penumpang memasukan barang bawaannya ke dalam mesin scan x-ray untuk diperiksa ada tidaknya barang berbahaya di dalam bawaannya.

Mesin scan x-ray saat diujicoba menscan barang bawaan penumpang kereta | Kereta Api Kita

Masih segar dalam ingatan kita pada Februari lalu, seekor ular berjenis sanca lepas di dalam perjalanan KA 177 Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen. Meski tak menyebabkan korban namun kemunculan ular ini sempat membuat panik penumpang yang berada di dalam kereta. Diduga ular tersebut dibawa oleh salah seorang penumpang kereta. Uji coba pemasangan mesin scan x-ray ini akan dilakukan bersama Polda Jabar selama beberapa bulan ke depan. Jika pemasangan ini dinyatakan sukses, maka tak menutup kemungkinan mesin scan x-ray juga akan dipasang di stasiun-stasiun besar lainnya di Indonesia.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: