Kereta Bandara Kamboja Segera Dikapalkan, Ini Bagian Dalamnya

kereta bandara kamboja
Dua dari tiga unit kereta bandara Kamboja dalam sebuah gudang di Meksiko, menunggu pengapalan | foto: Royal Railway Cambodia

(19/10) – Kereta rel diesel (KRD) yang akan digunakan untuk kereta bandara Kamboja akhirnya akan segera dikapalkan menuju Kamboja. Tiga single unit KRD yang dibuat di Meksiko oleh pabrik yang tidak diketahui ini kini sedang berada di sebuah gudang, menunggu pengapalan menuju Kamboja. KRD-KRD ini nantinya akan dioperasikan dari Stasiun Phnom Penh menuju bandara.

Baca juga: Seperti Inilah Bentuk Kereta Bandara Milik Kamboja Buatan Meksiko

Interior kereta bandara Kamboja tidak seperti yang dipikirkan

Dalam rilis resmi Royal Railway Cambodia (RRC) melalui halaman Facebook-nya,  pihak RRC memamerkan bagian luar maupun bagian dalam dari kereta ini. Meskipun memiliki tampilan eksterior yang sempat memancing olok-olok warganet, namun ternyata interior kereta ini cukup baik. Setiap kereta memiliki dinding berwarna putih dengan lantai dan jok berwarna gelap. Paduan warna ini tentunya cukup nyaman dipandang mata. Jok yang digunakan juga memiliki bentuk yang mengesankan kenyamanan, dan bentuk joknya pun sporty. Sayangnya, rak bagasi di atas kursi kereta masih menggunakan batangan besi yang terkesan klasik dan tidak mewah.

kereta bandara kamboja
Tampak bagian samping kereta dengan pintu terbuka | foto: Royal Railway Cambodia
kereta bandara kamboja
Mekanisme pintu geser kereta | foto: Royal Railway Cambodia
kereta bandara kamboja
Deretan kursi penumpang dan tempat kursi roda | foto: Royal Railway Cambodia
kereta bandara kamboja
Kursi penumpang dari dekat | foto: Royal Railway Cambodia

Selain itu, toilet pada setiap kereta yang terletak di belakang kabin masinis pun memiliki kloset duduk dan satu wastafel kecil. Terdapat juga tissue dispenser bagi para penumpang yang menggunakan toilet kereta. Namun, kaca pada toilet ini memiliki ukuran besar seperti pada KRDE AC eks KRL Holec rekayasa Industri Kereta Api (INKA) yang beroperasi di wilayah Yogyakarta. Semoga saja kaca ini lebih digelapkan dibanding kaca lainnya ya.

kereta bandara kamboja
Toilet kereta | foto: Royal Railway Cambodia

Beralih ke kabin masinis, sesuatu yang luput dari ekspektasi adalah ternyata KRD ini memiliki sistem terkomputerisasi! Terdapat dua layar komputer IntelVision™ 5 pada setiap kabin masinis. Sayangnya, kami belum mengetahui apa fungsi dari komputer tersebut.

kereta bandara kamboja
Kabin dan kursi masinis | foto: Royal Railway Cambodia
kereta bandara kamboja
Dua unit layar IntelVision pad a kabin masinis beserta instrumen kabin | foto: Royal Railway Cambodia

Kereta bandara Kamboja ini rencananya akan tiba di Phnom Penh pada November mendatang. Sebelum beroperasi, tentunya KRD-KRD ini akan diuji coba terlebih dahulu oleh RRC. KRD-KRD ini nantinya akan menggantikan rangkaian darurat yang telah beroperasi sejak April lalu. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: