Karoseri Inggris Luncurkan Bus Dengan Spion Digital

Spion digital yang dipasang di bus Enviro produksi karoseri Alexander Dennis

[19/10]. Perkembangan teknologi saat ini telah berhasil mengubah kehidupan di segala bidang, termasuk salah satunya adalah industri otomotif. Tak sebatas di dalam pabrik, perkembangan teknologi bahkan sudah sampai di jalanan atau bahkan di dalam kendaraan itu sendiri. Dunia perbusan pun tak luput dari semua itu. Sebuah inovasi baru yang mungkin akan mengubah dunia perbusan hadir di Negeri Ratu Elizabeth.

Perusahaan karoseri asal Inggris, Alexander Dennis, memperkenalkan teknologi spion digital. Teknologi ini diberi nama SmartVision. Fungsi SmartVision ini sama seperti kaca spion tradisional yakni membantu supir melihat ke belakang. Hanya bedanya jika spion biasa menggunakan cermin, SmartVision menggunakan kamera dan layar LCD.

Teknologi SmartVision diciptakan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dengan meningkatkan visibilitas terutama di titik-titik yang menjadi titik buta supir. Cara kerjanya hampir sama seperti kamera biasa. Kamera ditempatkan di samping bus. Di dalam bus ditempatkan layar LCD di sisi kanan dan kiri ruang supir. Kamera ini nantinya akan menampilkan pemandangan di belakang bus dari sisi kanan dan kiri.

Kamera SmartVision yang berfungsi untuk mengambil gambar ke belakang

Keberadaan kamera di luar tentunya menyebabkan gangguan pandangan terutama saat cuaca buruk. Tak perlu khawatir, karena SmartVision dilengkapi dengan teknologi yang dapat memperbaiki kualitas gambar di segala kondisi seperti hujan ataupun kotor. Selain itu, kamera juga dilengkapi dengan penghangat yang dapat membersihkannya dari salju, es, ataupun embun.

Sistem juga akan mengatur kecerahan monitor dan gambar secara otomatis pada siang dan malam hari. Penggunaan spion digital ini juga diyakini dapat menghemat pengeluaran perusahaan terutama untuk perbaikan spion yang pecah. Bentuk tempat kamera yang aerodinamis juga diyakini dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Teknologi SmartVision ditempatkan di bus Enviro200 single decker dan Enviro400 double decker produksi karoseri Alexander Dennis. First Glasgow dan Trentbarton menjadi operator bus pertama yang menggunakan teknologi SmartVision pada armada busnya.

(RED/BTS)

Web resmi Alexander Dennis

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: