Selamat Berdinas Kembali Bus Transjakarta Gandeng Ankai!

Bus Transjakarta gandeng Ankai bernomor lambung TJ0045 pada hari pertamanya berdinas kembali

[18/10] Jika di dunia KRL Commuter Line terjadi comeback epik dengan rangkaian 6108F berdinas lagi, dunia Transjakarta pun seakan tak mau kalah. Pasalnya, bus gandeng Transjakarta merek Ankai operator TJ akhirnya berdinas lagi setelah hampir dua tahun dikandangkan.

Sebelumnya, bus gandeng Transjakarta merek Ankai dengan operator TJ ini telah berdinas dari awal 2014 lalu. Dinasan bus merek ini sempat terhenti akibat insiden kebakaran pada Desember 2016 lalu. Kala itu bus nomor lambung TJ0054 terbakar habis di depan BNN akibat korsleting. Sebagai akibatnya, bus gandeng merek ini sempat dikandangkan sementara hingga hari ini.

Dari pantauan Tim REDaksi, bus gandeng Transjakarta merek Ankai operator TJ ini berdinas kembali di Koridor 3 dengan rute Kalideres – Pasar Baru. Terpantau nomor lambung unit bus yang berdinas kembali adalah TJ0031, TJ0033, TJ0035, dan TJ0045, meskipun mereka tidak berdinas pada waktu yang bersamaan. TJ0031, TJ0033, dan TJ0035 berdinas pada pagi hari. Namun pada sore harinya, armada yang berdinas adalah TJ0031 dan TJ0045.

Tim REDaksi sendiri berhasil menaiki bus bernomor lambung TJ0045 pada siang hari tadi. Tampak keadaan interior yang masih sedikit berdebu setelah lama tak berdinas. Namun bau-bau yang umum ada pada kendaraan yang baru dinas setelah lama tidak berdinas tidaklah ada. Kondisi armada sendiri masih cukup baik dan nyaman, namun penampil rute bagian dalam tersangkut di “KOTA-HARMONI”.

Keadaan interior TJ0045 saat Tim REDaksi menaiki tadi siang

 

Bus Transjakarta Ankai nomor lambung TJ0045 berbarengan dengan bus Transjakarta Scania nomor lambung MYS-17011 | Foto: Nurachman Hafizh

Geliat reaktivasi bus gandeng Transjakarta merek Ankai sendiri mulai terlihat sejak Juli 2018 lalu. Kala itu terjadi pemindahan besar-besaran armada bus gandeng Transjakarta merek Ankai operator TJ dari Pool Cawang ke Pool Pesing eks Pool DAMRI. Setelah proses pemindahan ini dilakukan, sebagian armada bus gandeng Transjakarta merek Ankai ini pun kemudian disiapkan untuk didinaskan kembali.

Salah satu armada bus gandeng Transjakarta merek Ankai saat dipindah ke Pool Pesing | Foto: Tim Fotografi Bus Ibukota

Belum diketahui apakah untuk esok hari bus gandeng Transjakarta merek Ankai operator TJ ini akan berdinas lagi di Koridor 3, diistirahatkan, atau malah didinaskan di koridor lain. Akan tetapi kehadiran kembali armada ini merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu terutama oleh pemerhati Transjakarta. Tentu saja kita berharap bus gandeng Transjakarta merek Ankai kali ini akan jauh lebih andal, tidak ada lagi gangguan serius untuk seterusnya.

Referensi:

Kompas

RED|IHF

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: