Seibu Railway Perlihatkan Rangkaian Pertama “Laview” 001

Tampak rangkaian kereta wisata Red Arrow milik Seibu Railway | Tetsudo Shimbun

[30/10]. Setelah desainnya yang “anti mainstream” ditampilkan, kini tampak nyata rangkaian kereta wisata Laview diperlihatkan kepada publik. Nama Laview sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Live View. Seri KRL Laview ini sendiri adalah Seibu 01. Rangkaian pertamanya tiba di Dipo Kotesashi pada minggu lalu.

Desain kereta yang agak “anti mainstream” membuatnya populer di kalangan pecinta kereta api. Jika anda melihat sekilas bentuk keretanya, mungkin anda akan teringat dengan “cacing besar Alaska” yang pernah muncul di serial kartun Spongebob Squarepants. Hanya bedanya kereta ini berwarna silver sedangkan “cacing besar Alaska” berwarna merah jambu.

Tampak muka kereta ini pun juga menegaskan bentuk “cacing besar Alaska”. Bentuk muka kereta yang bulat dan jendela yang lebar benar-benar membuatnya terlihat seperti seekor cacing. Pintu keluar darurat juga ditempatkan di depan kereta agar kereta dapat beroperasi di jalur bawah tanah.

Jendela penumpang pada kereta ini dibuat sangat lebar bahkan lebih lebar dari kereta penumpang pada umumnya. Saking lebarnya, anda bahkan bisa melihat keseluruhan isi kereta dari luar. Jendela sengaja dibuat sangat lebar agar penumpang lebih leluasa melihat pemandangan di luar. Hordeng yang lebar dipasang agar penumpang bisa menutup jendelanya jika diinginkan.

Jendela kereta Laview Seibu 001 yang sangat lebar

Interior kereta didominasi warna putih pada dinding dan abu-abu pada lantai. Bangku kereta diberi warna kuning untuk membuat interior kereta terlihat lebih cerah. Setiap bangku dilengkapi dengan dua meja, satu meja besar yang dilipat di bangku depannya, seperti meja di pesawat, dan satu meja kecil yang berada di samping bangku. Selain itu, setiap bangku juga dilengkapi dengan stop kontak yang dapat digunakan untuk mencharge gadget.

Bangku kereta dengan meja lipat seperti yang ada di pesawat

Rangkaian Seibu “Laview” 001 ini rencananya akan beroperasi menggantikan rangkaian Seibu 10000 “Red Arrow” yang melayani perjalanan limited express Cichibu dari Ikebukuro ke Hanno dan Seibu-Cichibu. Rangkaian pertama Seibu “Laview” 001 rencananya akan memulai debutnya pada akhir tahun 2018 ini.

(RED/BTS)

Tetsudo Shimbun

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: