Berita KAInternasionalKereta Api

Tak Penuhi Standar Disabilitas, Rangkaian Baru Komuter Queensland Dibuat Ulang

Rangkaian kereta komuter Queensland yang tidak lulus uji disabilitas | ABC

[11/12]. Jika anda melihat rangkaian kereta komuter di atas pasti anda berpikir rangkaian tersebut telah jadi dan siap untuk melayani penumpang. Ya rangkaian tersebut adalah rangkaian yang akan dioperasikan sebagai kereta komuter di Newman, Queensland, Australia. Meskipun masih baru, namun sayangnya dia tidak akan berdinas melayani penumpang dalam waktu dekat. Bukan karena rusak, melainkan karena tidak lulus satu ujian kecil.

Sebanyak 75 unit rangkaian baru kereta komuter Newman terpaksa harus dibangun ulang karena tidak memenuhi standar disabilitas. Pensiunan hakim Pengadilan Distrik Michael Forde menemukan adanya pelanggaran mengenai aturan desain ramah disabilitas pada rangkaian kereta komuter baru Newman yang diberi nama New Generation Rollingstock (NGR). Desainnya sendiri disetujui pada 2013 oleh pemerintah. Meski melanggar aturan, namun pembangunan rangkaian tetap disetujui.

Proyek rangkaian senilai AUD 4,4 miliar ini dikerjakan oleh pabrikan India di bawah Bombardier. Proyek ini sudah dimulai sejak 2008 namun rangkaian pertamanya sendiri tidak dikirimkan hingga tahun 2017. Dalam uji coba, rangkaian ini tidak lulus dalam tes akses disabilitas. Termasuk tidak adanya ruang bagi kursi roda untuk masuk ke lorong kereta. Ditambah toilet kereta juga tidak cukup besar bagi pengguna kursi roda.

Selain bagi disabilitas, rangkaian NGR ini juga tidak ramah bagi masinis. Pasalnya desain jendela kabin membuat masinis tidak dapat melihat batas berhenti peron, terutama bagi masinis yang bertubuh pendek. Tidak adanya koordinasi antara pihak perusahaan dengan komunitas penyandang disabilitas dinilai Forde sebagai sumber permasalahan ini.

Akibatnya rangkaian ini terpaksa harus dibangun ulang dari awal untuk membuatnya memenuhi standar disabilitas. Menteri Transportasi Mark Bailey mengatakan pembangunan ulang rangkaian akan dilakukan mulai awal 2020 dan ditargetkan selesai pada 2024.

(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×