Juni 2019, Kereta Buatan INKA Pesanan Filipina Dikirim

Desain lokomotif diesel hidrolik buatan INKA yang akan diekspor ke Filipina | PNR

[20/1]. Hampir setahun setelah penandatanganan kontrak antara Philippine National Railway (PNR) dengan PT INKA, akhirnya rangkaian kereta baru untuk PNR akan segera dikirim. PT INKA akan mengirim rangkaian kereta pesanan PNR mulai Juni 2019 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Dirut PT INKA Budi Noviantoro.

Dirinya mengatakan pengiriman kereta ke Filipina akan dilakukan secara bertahap mulai Juni 2019 hingga akhir tahun. Seperti yang kita ketahui, PNR memesan sebanyak 4 set KRD, 3 unit lokomotif, dan 15 unit kereta penumpang komuter dengan lebar sepur 1067 milimeter dengan nilai total mencapai USD 52,5 juta. Budi mengatakan saat ini kesemuanya tengah dikerjakan oleh INKA.

Setelah Filipina, Budi jugamengatakan rencananya INKA juga akan merambah pasar Sri Lanka. Namun dirinya masih belum memberi bocoran mengenai rencana kerjasama INKA dengan Sri Lanka. Rencana PNR membeli sarana kereta api dari Indonesia sudah diwacanakan sejak Januari tahun lalu. Pada Mei 2018 kontrak pembelian kereta, lokomotif, dan KRD ditandatangani oleh General Manager PNR Junn Magno dan Dirut PT INKA Budi Noviantoro di Manila, Filipina.

Rencananya KRD, lokomotif, dan kereta penumpang ini akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang bersama dengan DMU Hyundai Rottem, KiHa 350, KiHa 52, dan KRL JR 203 yang dipasangi genset.

(RED/BTS)

Kumparan

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: