Berita KAIndonesiaKereta Api

Kemenhub Potong Anggaran Perawatan Prasarana Kereta Api

Stasiun Buaran
Papan nama stasiun pada peron Stasiun Buaran

[8/1]. Sepertinya sekarang PT KAI harus mengeluarkan budget lebih untuk merawat prasarana perkeretaapian. Kementerian Perhubungan memotong anggaran perawatan prasarana perkeretaapian sebesar Rp 200 miliar pada tahun anggaran 2019 ini. Jadi anggaran perawatan prasarana perkeretaapian yang sebelumnya Rp 1,3 triliun kini hanya Rp 1,1 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan dipotongnya anggaran ini dilakukan karena dananya dialihkan untuk sejumlah proyek seperti kereta cepat Jakarta – Surabaya. Selain itu, Budi juga mengatakan pemotongan dilakukan karena adanya perbaikan kinerja keuangan PT KAI. Selain kedua alasan tadi, anggaran Kemenhub pada tahun ini turun menjadi hanya Rp 44,1 triliun dari yang sebelumnya Rp 48,2 triliun.

Sebelumnya dilakukan penandatanganan kontrak perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian yang dilakukan oleh KAI di Kantor Kemenhub pada Jumat kemarin. KAI ditugaskan untuk merawat dan mengoperasikan prasarana perkeretaapian berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 2130 Tahun 2018. Kontrak ini berlangsung selama setahun mulai 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019.

Jadi nantinya KAI akan bertugas untuk merawat sejumlah prasarana seperti jalur rel, jembatan, dan stasiun serta mengoperasikan sejumlah prasarana seperti pengaturan perjalanan kereta api, persinyalan, telekomunikasi, LAA, dan sebagainya.

(RED/BTS)

CNN Indonesia

 

 

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×