Kemenhub Potong Anggaran Perawatan Prasarana Kereta Api

Stasiun Buaran
Papan nama stasiun pada peron Stasiun Buaran

[8/1]. Sepertinya sekarang PT KAI harus mengeluarkan budget lebih untuk merawat prasarana perkeretaapian. Kementerian Perhubungan memotong anggaran perawatan prasarana perkeretaapian sebesar Rp 200 miliar pada tahun anggaran 2019 ini. Jadi anggaran perawatan prasarana perkeretaapian yang sebelumnya Rp 1,3 triliun kini hanya Rp 1,1 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan dipotongnya anggaran ini dilakukan karena dananya dialihkan untuk sejumlah proyek seperti kereta cepat Jakarta – Surabaya. Selain itu, Budi juga mengatakan pemotongan dilakukan karena adanya perbaikan kinerja keuangan PT KAI. Selain kedua alasan tadi, anggaran Kemenhub pada tahun ini turun menjadi hanya Rp 44,1 triliun dari yang sebelumnya Rp 48,2 triliun.

Sebelumnya dilakukan penandatanganan kontrak perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian yang dilakukan oleh KAI di Kantor Kemenhub pada Jumat kemarin. KAI ditugaskan untuk merawat dan mengoperasikan prasarana perkeretaapian berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 2130 Tahun 2018. Kontrak ini berlangsung selama setahun mulai 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019.

Jadi nantinya KAI akan bertugas untuk merawat sejumlah prasarana seperti jalur rel, jembatan, dan stasiun serta mengoperasikan sejumlah prasarana seperti pengaturan perjalanan kereta api, persinyalan, telekomunikasi, LAA, dan sebagainya.

(RED/BTS)

CNN Indonesia

 

 

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: