Pemerintah Akan Aktifkan Kembali Jalur KA Madura

Lokomotif C3117 melintas di Telang, Bangkalan pada 1969 | IRPS

[25/1]. Setelah merencanakan pengaktifan kembali Jalur Cibatu – Garut dan Banjar – Pangandaran, pemerintah berencana akan mengaktifkan kembali sejumlah jalur mati di Jawa Timur. Salah satunya adalah Jalur KA Madura.

Rencana reaktifasi sudah diumumkan oleh Kemenhub kepada pemerintah daerah di Madura. Salah satunya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pamekasan. Kepala Sub Bidang Prasarana Bappeda Pamekasan Siti Masrihati mengatakan wacana pengaktifan kembali jalur kereta api di Madura sudah terdengar sejak 2017.

Dalam rencana ini ada dua versi trase jalur yang akan digunakan yakni versi Kemenhub dan versi Bappeda. Di versi Kemenhub trase yang akan digunakan adalah trase asli bekas Madoera Stoomtram Maatschapij. Sedangkan versi Bappeda menggunakan trase baru yang sedikit menggunakan trase lama.

Pihak Bappeda sendiri berpendapat digunakannya trase baru adalah karena penggunaan trase lama akan sulit dan memakan biaya yang besar karena sebagian besar lahan di jalur telah beralih fungsi. Selain itu, sebagian besar bekas stasiun sudah tidak terlihat lagi. Selain itu, jika menggunakan trase baru pemerintah hanya perlu melakukan pembebasan lahan saja.

Pengaktifan kembali jalur KA Madura masuk dalam tahap 3 program pengembangan dan pembangunan jalur kereta api. Selain Madura, jalur lain di Jawa Timur yang akan diaktifkan kembali adalah jalur ke Bandara Juanda, Gresik, dan sejumlah jalur lainnya.

 

(RED/BTS)

Kompas.com

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×