Mulai 1 Mei, Lima KA Ekonomi Jarak Jauh Tak Lagi Bersubsidi

[7/2]. Ada kabar buruk bagi anda pengguna setia sejumlah KA ekonomi ber-PSO. Mulai 1 Mei 2019 mendatang, PT KAI akan menarik PSO dari 5 perjalanan KA ekonomi jarak jauh. Hal tersebut disampaikan pihak KAI melalui akun Twitter resminya.

Lima KA yang PSOnya ditarik di antaranya adalah KA Brantas relasi Pasar Senen – Blitar, KA Matarmaja relasi Pasar Senen – Malang, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng, KA Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng, dan KA Logawa relasi Purwokerto – Jember. Jadi nantinya kelima KA tersebut akan menggunakan tarif komersil seperti KA ekonomi non-PSO.

Untuk traifnya KA Brantas berkisar Rp 80.000 hingga Rp 290.000, KA Matarmaja berkisar Rp 90.000 hingga Rp 310.000, KA GBMS berkisar Rp 90.000 hingga Rp 310.000, KA Pasundan berkisar Rp 105.000 hingga Rp 320.000, KA Logawa berkisar Rp 95.000 hingga Rp 330.000. Selain perubahan tarif terdapat pula perubahan kebijakan pemesanan tiket sejak 31 Januari lalu. Untuk kelima KA tersebut tiket baru bisa dipesan H-30 sebelum keberangkatan.

Nantinya subsidi yang diberikan oleh perjalanan KA tersebut akan dialihkan ke sejumlah perjalanan KA lokal, komuter, dan LRT. Meski demikian, KAI melakukan perbaikan layanan dengan meremajakan armada sejumlah KA ekonomi secara bertahap.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: